Sukses


    Efek Kelelahan Setelah Piala Dunia 2022: Bayern, Real Madrid, PSG, Man City Bisa Kehabisan Bensin

    Bola.com, Jakarta - Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman mengakui Piala Dunia 2022 lain daripada yang lain. Selain keutan-kejutan yang tercipta, ia menyoroti penyelenggaran turnamen yang berlangsung di sela-sela kompetisi domestik.

    Piala Dunia kali ini memang berbeda ketimbang sebelum-sebelumnya. Demi menghindari cuaca panas ekstrem di Qatar, FIFA memilih menggeser pelaksanaan menjadi bulan November-Desember.

    "Ini memang agak sedikit bebeda dengan sebelumnya karena ini Piala Dunia pertama setelah pandemi COVID-19. Kemudian kondisi latar demografi penyelenggaraan. Hal lainnya adalah perkara libur para pemain," ungkapnya.

    "Biasanya pemain setelah Piala Dunia, mereka mendapat jatah libur. Tak ikut pre-season. Setelah jalan satu bulan, baru biasanya mereka bakal gabung. Tetapi kalau sekarang tidak bisa karena mereka akan langsung menghadapi kompetisi," jelas pelatih asal Banjanegara tersebut.

    2 dari 5 halaman

    Ancam Stabilitas Klub Raksasa Eropa

    Piala Dunia 2022 memang sudah berakhir bagi sebagian pemain. Tetapi ini tak berlaku bagi Maroko, Kroasia, Prancis dan Argentina.

    Mereka masih harus melanjutkan pertarungan terakhir.Kondisi ini membuat sejumlah klub raksasa Eropa bakal ketar-ketir. Bayern Munchen, Real Madrid, Paris Saint-Germain, Juventus dan sejumlah klub lainnya menyumbangkan banyak pemainnya untuk keempat tim tersebut.

    "Sebetulnya secara fisik siap tetapi persoalannya nanti setelah Piala Dunia. Saya yakin pemain banyak kelelahan dan pengaruh ke klub pastinya. Kalau main sampai akhir seperti mereka, potensi kelelahan dan cedera sangat tinggi," jelasnya.

    3 dari 5 halaman

    Dilema Pemain Profesional

    Berbeda dengan liga-liga top Eropa lain yang meliburkan kompetisi di musim dingin, sepak bola Eropa tetap bergulir di Negeri Elizabeth, Inggris.

    Mereka sudah ditunggu jadwal padat selama periode Boxing Day. Ini menjadi dilema tersendiri bagi para pemain yang bermain untuk klub-klub Inggris. Pemain seperti Hugo Lloris, Julian Alvarez atau Emmiliano Martinez tak punya waktu untuk berlibur.

    "Jika mereka libur seminggu, mereka kehilangan dua minggu untuk persiapan latihan. Satu minggu untuk recovery dan satu minggu untuk persiapan. Jadi kondisi mereka meragukan apalagi mereka ada di fase sibuk jelang putaran kedua," tandasnya.

    4 dari 5 halaman

    Jadwal Piala Dunia

    Sabtu (17/12/2022)

    Perebutan tempat ketiga: Kroasia Vs Maroko

    Pukul: 22.00 WIB

    Minggu (18/12/2022)

    Final: Argentina Vs Prancis

    Pukul: 22.00 WIB

     

    Live: SCTV, Indosiar, Vidio, Champions TV, Nex Parabola

    5 dari 5 halaman

    Daftar Top Scorer

    5 Gol

    • Kylian Mbappe (Prancis)
    • Lionel Messi (Argentina) 

    4 Gol 

    • Julian Alvarez (Argentina)
    • Olivier Giroud (Prancis)

    3 Gol

    • Cody Gakpo (Belanda)
    • Enner Valencia (Ekuador)
    • Marcus Rashford (Inggris)
    • Alvaro Morata (Spanyol)
    • Bukayo Saka (Inggris) 
    • Richarlison (Brasil) 
    • Goncalo Ramos (Portugal)

     

    Video Populer

    Foto Populer