Sukses


    Jangan Sebut Kroasia Kuda Hitam Lagi! Baru 6 Kali Lolos Piala Dunia, Sudah Pernah Jadi Runner-up dan 2 Kali Peringkat Ketiga

    Bola.com, Doha - Timnas Kroasia baru  enam kali berpartisipasi di Piala Dunia. Namun, tim berjulukan Vatreni itu telah berhasil sekali menjadi runner-up dan dua kali finis sebagai tim peringkat ketiga.

    Kroasia baru mendeklarasikan kemerdekaan dari Yugoslavia pada 1991. Vatreni lalu bergabung dnegan FIFA pada 1994. Kroasia bermain pada Piala Dunia pertamanya pada 1998.

    Negara yang populasinya cuma berjumlah 3,8 juta per sensus 2021 itu sukses menduduki peringkat ketiga dalam debutnya di Piala Dunia setelah mengalahkan Belanda 2-1.

    Dalam dua edisi berikutnya pada 2002 dan 2006, pencapaian Kroasia terjun bebas. Vatreni tersingkir di babak penyisihan. Pada Piala Dunia 2010, Kroasia bahkan gagal lolos ke putaran final.

    Artikel ini dipersembahkan oleh Pop Mie, Sikat Pop Mie, Seru terus kuy!

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Melesat Bak Roket

    Kroasia kembali berkancah di Piala Dunia pada 2014, tetapi harus pulang lebih awal karena lagi-lagi terdepak di penyisihan grup.

    Kebangkitan Kroasia terjadi pada Piala Dunia 2018. Dengan skuad generasi emas semodel Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic, hingga Mario Mandzukic, Vatreni melesat ke babak final.

    Namun, kejutan Kroasia gagal mencapai klimaksnya. Vatreni takluk 2-4 dari Prancis pada partai puncak Piala Dunia 2018. Luka Modric dkk. harus puas dengan atribut runner-up.

    3 dari 6 halaman

    Dipimpin Luka Modric

    Setelah-Ivan Perisic dan Mario Mandzukic pensiun, kekuatan Kroasia tidak berkurang drastis. Vatreni masih mampu berbicara banyak di Piala Dunia 2022.

    Dipimpin Luka Modric yang telah berusia 37 tahun, Kroasia mampu melaju hingga semifinal Piala Dunia 2022 sebelum kalah 0-3 dari Argentina. Vatreni lalu terlempar ke perebutan tempat ketiga.

    Melawan Maroko yang baru saja mencetak sejarah sebagai negara Afrika dengan kiprah paling jauh di Piala Dunia, Kroasia membuktikan bahwa pengalaman di atas lapangan tidak berbohong.

    4 dari 6 halaman

    Peringkat Ketiga, tapi Bak Juara

    Kroasia mampu menang 2-1 atas Maroko dalam perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Al Rayyan pada Sabtu (17/12/2022) malam WIB.

    "Ini medali perunggu, tapi bagi kami ini terlihat seperti medali emas," ujar pelatih Kroasia, Zlatko Dalic dinukil dari TF1. Zlatko Dalic juga yang membawa Kroasia menjadi runner-up Piala Dunia 2018.

    5 dari 6 halaman

    Riwayat Kroasia di Piala Dunia

    1998: Peringkat Ketiga

    2002: Penyisihan Grup

    2006: Penyisihan Grup

    2010: Gagal Lolos

    2014: Penyisihan Grup

    2018: Runner-up

    2022: Peringkat Ketiga

    6 dari 6 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer