Sukses


    Gara-Gara Konser Raisa dan BLACKPINK, Kondisi Rumput SUGBK Memprihatinkan

    Bola.com, Jakarta - Kondisi rumput lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno cukup memprihatinkan. Situasi itu terjadi karena stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023, dipakai menggelar dua konser musik.

    Pantauan Bola.com, kondisi rumput di SUGBK ada yang rusak pada beberapa area. Selain itu, terdapat rumput yang menguning hingga mati.

    Bekas pijakan dari lantai portabel yang digunakan saat konser musik juga masih terlihat jelas di area lapangan. Bentuknya berupa garis-garis bekas pijakan benda tersebut.

    Rusaknya rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno akibat menggelar konser penyanyi kondang Tanah Air, Raisa, dan girl band asal Korea Selatan, BLACKPINK. Padahal, SUGBK akan menjadi venue pembukaan Piala Dunia U-20 2023 pada Mei 2023 mendatang.

     

    2 dari 4 halaman

    Tambal Sulam Rumput

    Perbaikan rumput SUGBK bakal langsung dikebut dalam beberapa hari ke depan. Pengelola SUGBK bakal dibantu vendor perbaikan rumput dari PT. Karya Rama Prima (KaerPe).

    Chairman KaerPe, Qamal Mustaqim, menyebut pihaknya akan menggunakan metode stitching atau menambah sulam rumput. Nantinya, rumput sintetis akan dijahit di sela-sela yang asli.

    "Rumput-rumput ini kan tubuh. Jadi, nanti pada saat sekitar pekan ketiga Maret itu ada stitching. Itu yang sebetulnya dikatakan sebagai metode hybrid," ucap Qamal Mustaqim.

     

    3 dari 4 halaman

    Semua Venue

    Perbaikan menggunakan metode stitching tak hanya dilakukan di SUGBK. Nantinya, perbaikan dengan metode itu bakal dilakukan juga di stadion-stadion venue Piala Dunia U-20 2023.

    "Stitching itu menjahit rumput sintetis yang dimasukkan ke rumput asli. Nanti ada alat untuk menjahit di antara rumput asli," ucap Qamal.

    "Jadi, rumput asli itu nanti ada rumput sintetisnya. Untuk pengoperasiannya hanya seminggu. Akan tetapi, dalam persiapannya tidak boleh ada yang botak sehingga rumput aslinya harus stabil dulu," tegas Qamal.

    4 dari 4 halaman

    Pembagian Pot Sementara Piala Dunia U-20 2023

    Pot 1

    1. Timnas Indonesia U-20

    2. Uruguay

    3. Prancis

    4. Amerika Serikat

    5. Italia

    6. Korea Selatan

     

    Pot 2

    7. Senegal

    8. Inggris

    9. Ekuador

    10. Kolombia

    11. Selandia Baru

    12. Nigeria

     

    Pot 3

    13. Brasil

    14. Jepang

    15. Uzbekistan

    16. Irak

    17. Honduras

    18. Fiji

     

    Pot 4

    19. Guatemala

    20. Republik Dominika

    21. Gambia

    22. Israel

    23. Slovakia

    24. Tunisia 

    Video Populer

    Foto Populer