Sukses


    Peluang Timnas Indonesia U-20 Tergabung di Grup Neraka Piala Dunia U-20 2023: Bersua Inggris dan Brasil?

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 berpotensi tergabung di grup neraka Piala Dunia U-20 2023 apabila melihat daftar pembagian pot undian. Kontestan yang memiliki level top seperti Inggris hingga Brasil sudah siap mengadang.

    Sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 memang cukup diuntungkan lantaran tergabung di pot pertama pada undian grup nanti.

    Setidaknya, Tim Garuda Muda sudah dipastikan terhindar dari lawan-lawan tangguh di Piala Dunia U-20 2023 seperti Uruguay, Prancis, Italia, Amerika Serikat, hingga Senegal.

    Namun, jika melihat persebaran kontestan di pot kedua, ketiga, dan keempat, skuad asuhan Timnas Indonesia U-20 itu tetap berpotensi untuk menghadapi lawan-lawan yang punya kekuatan mentereng di dunia.

     

    2 dari 6 halaman

    Ancaman Nyata dari Pot Dua

    Dalam undian grup Piala Dunia U-20 2023, pot dua akan ditempati Inggris, Korea Selatan, Selandia Baru, Brasil, Kolombia, hingga Ekuador.

    Timnas Korea Selatan U-20 sudah dipastikan tak akan tergabung satu grup dengan Indonesia, karena regulasi yang mengatur dua negara dari konfederasi yang sama tak bisa bertemu pada penyisihan.

    Setidaknya, dua negara terkuat yang paling mengancam Timnas Indonesia U-20 ialah Inggris dan Brasil. Inggris punya status yang mentereng karena mereka pernah menjadi juara pada edisi 2017.

    Adapun Brasil adalah lawan yang paling mengerikan. Sebab, tim yang dijuluki Selecao Sub-20 berstatus peraih gelar juara terbanyak kedua dengan lima trofi. Kelima gelar itu diraih pada edisi 1983, 1985, 1993, 2003, dan 2011.

     

    3 dari 6 halaman

    Pot Tiga Tak Kalah Berbahaya

    Beralih ke pot tiga, Timnas Indonesia U-20 sudah bisa bernafas lega karena tak perlu berjumpa lawan-lawan tangguh asal Asia di fase penyisihan grup. Mereka adalah Jepang, Uzbekistan, dan Irak.

    Ketiganya sama-sama berstatus sebagai semifinalis Piala Asia U-20 2023. Khusus untuk Uzbekistan dan Irak yang sukses lolos ke final, keduanya sama-sama jadi penjegal Indonesia pada penyisihan grup.

    Namun, potensi bahayanya memang tak lantas menghilang begitu saja. Ada tim kuat lainnya seperti Nigeria dan Honduras. Nigeria merupakan peraih peringkat ketiga Africa Cup of Nations 2023.

    Sementara itu, Honduras merupakan semifinalis Piala CONCACAF U-20 2023. Timnas Honduras gagal lolos ke final karena tumbang dari Amerika Serikat yang menjadi juaranya.

     

    4 dari 6 halaman

    Lawan Berat dari Pot Empat

    Untuk pot terakhir atau keempat, ada Guatemala, Republik Dominika, Gambia, Israel, Slovakia, dan Tunisia. Timnas Indonesia sepertinya bisa terhindar dari Israel karena faktor hubungan diplomatik antara kedua negara.

    Namun, lawan-lawan seperti Guatemala dan Slovakia sudah terbukti mampu membuat skuad asuhan kalang kabut. Indonesia pernah kalah 1-2 dari Slovakia, dan takluk 0-1 dari Guatemala.

    Selain itu, Gambia juga tak kalah berat. Mereka adalah semifinalis Africa Cup of Nations U-20 2023, adapun Tunisia berstatus semifinalis di ajang yang sama.

     

    5 dari 6 halaman

    Potensi Tergabung di Grup Neraka

    Melihat persebaran kontestan di masing-masing pot itu, Timnas Indonesia U-20 punya potensi besar untuk tergabung di grup neraka Piala Dunia U-20 2023.

    Salah satu skenarionya yakni Indonesia tergabung di Grup A bersama Inggris, Nigeria, dan Slovakia. Lalu, ada pula kemungkinan untuk berada satu grup dengan Brasil, Nigeria, dan Guatemala.

    Apabila dua skenario itu terjadi, peluang Timnas Indonesia U-20 untuk mewujudkan targetnya lolos dari fase grup sangat tipis jika berbicara soal hitung-hitungan di atas kertas.

    6 dari 6 halaman

    Saksikan Keseruan Pertandingan Piala Dunia U-20 di EMTEK

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer