Sukses


    4 Transportasi Umum di Kota Solo yang Bisa Jadi Alternatif pada Piala Dunia U-17 2023

    Bola.com, Solo - Menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di Kota Solo bakal dimudahkan dengan berbagai jenis transportasi umum yang saling terintegrasi.

    Pengunjung yang datang dari luar kota tak perlu kebingungan untuk melakukan perjalanan. Ada sejumlah transportasi umum yang dapat menghubungkan titik-titik penting di Kota Solo.

    Berbagai pilihan moda transportasi ini juga sudah terkoneksi, sehingga bisa mempermudah mobilitas penonton. Dengan demikian, penonton tak perlu kerepotan untuk menuju Stadion Manahan sebagai pusat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Kota Bengawan.

    Berbagai transportasi umum ini juga bisa memudahkan perjalanan untuk mengunjungi lokasi-lokasi tertentu.

    Setidaknya, ada empat transportasi umum, baik yang beroperasi di Kota Solo maupun menghubungkan dengan kota-kota lain di sekitarnya, yang bisa digunakan penonton selama Piala Dunia U-17 2023.

    -----

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Batik Solo Trans (BST)

    Selanjutnya, angkutan transportasi umum yang bisa jadi pilihan untuk menuju Stadion Manahan dan berbagai lokasi lainnya ialah Batik Solo Trans alias BST.

    Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, juga siap mengerahkan armada ini untuk melancarkan hajatan Piala Dunia U-17 2023.

    BST menjadi alternatif yang tepat bagi penonton Piala Dunia U-17 2023, karena biayanya yang murah. Tarif untuk satu kali perjalanan hanya Rp3.700 untuk kategori penumpang umum.

    Adapun untuk pelajar, mahasiswa, dan lansia tarifnya Rp2.000, sedangkan untuk disabilitas masih gratis.

    Pembayarannya juga bisa dilakukan secara tunai maupun cashless. Beberapa metode yang disediakan ialah menggunakan kartu non-tunai, aplikasi mobile banking, QRIS, hingga berbagai e-wallet seperti Gopay, ShopeePay, Dana, LinkAja, serta OVO.

    Anda bisa mendapatkan panduan menggunakan Bus BST melalui Aplikasi Teman Bus yang bisa diunduh melalui PlayStore dan AppStore.

    Di aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan informasi tujuan perjalanan sesuai koridor bus hingga jam kedatangan serta keberangkatan bus BST.

     

    3 dari 6 halaman

    Angkutan Feeder BST

    Angkutan Feeder Batik Solo Trans (BST) juga bisa menjadi transportasi alternatif lainnya, karena tak semua lokasi bisa dijangkau bus BST. Sehingga, wisatawan bisa menggunakan angkutan kota pengumpan alias angkot feeder ini.

    Apabila BST melayani koridor 1 sampai 6, Angkot Feeder beroperasi untuk koridor 7-12. Tarif Angkot Feeder ini juga sama seperti BST, yakni sebesar Rp3.700, dan bisa dilakukan secara non-tunai.

    Setidaknya, ada 218 unit Angkot Feeder dengan 185 halte pemberhentian. Transportasi ini mulai beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB.

    Untuk mendapatkan informasi soal rute Angkot Feeder, Anda bisa mengunduh aplikasi Teman Bus di PlayStore dan AppStore.

     

    4 dari 6 halaman

    KRL Jogja-Solo

    Moda transportasi berikutnya ialah Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Jogja. Angkutan publik ini menjadi alternatif terbaik bagi para penonton yang berasal dari kota lainnya, khususnya dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Hanya dengan Rp8.000 untuk sekali perjalanan, penonton bisa menuju beberapa stasiun di Kota Solo untuk menuju Stadion Manahan. Pemberhentian terdekat dari Stadion Manahan ialah Stasiun Purwosari (3 Km) dan Stasiun Solo Balapan (2,1 Km).

    Kedua stasiun ini juga sudah terintegrasi dengan halte Batik Solo Trans (BST), sehingga konektivitas ini bisa memudahkan perpindahan moda transportasi penumpang.

     

    5 dari 6 halaman

    BRT Trans Jateng

    Mobilisasi penonton Piala Dunia U-17 2023 dari luar Kota Solo juga dimudahkan dengan hadirnya Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jawa Tengah Koridor 7 yang mulai beroperasi pada tahun ini. BRT Trans Jateng Koridor 7 melayani tujuh rute di antara Solo-Sukoharjo-Wonogiri.

    Saat ini, untuk Koridor 7, pemerintah menyediakan 14 armada bus medium yang dapat menampung 40 penumpang. Jumlah ini terdiri dari 20 kursi dan sisanya berdiri. Terdapat sekitar 121 lokasi pemberhentian.

    Transportasi publik ini menerapkan dua jenis tarif murah, yakni untuk pelajar, buruh, dan veteran sebesar Rp2.000, sedangkan untuk tarif umum Rp4.000.

    6 dari 6 halaman

    Simak Keseruan Piala Dunia U-17 2023 di Emtek Group

    <p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

     

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer