Sukses


    Ratusan Personel Polri Jalani Latihan Khusus Jadi Steward Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya

    Bola.com, Surabaya - Personel keamanan untuk Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya telah disiapkan. Polda Jawa Timur bakal menempatkan personel khusus sebagai steward pada saat ajang itu digelar mulai 10 November 2023 nanti.

    Sekitar 350 personel anggota Polri dari berbagai satuan kerja mendapat latihan khusus itu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (3/11/2023). Mereka nantinya akan ditempatkan di area stadion selama hari pertandingan.

    Kepala Biro Operasi Polda Jatim, Kombes Pol Puji Santoso, menyebutkan latihan khusus ini merupakan permintaan dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

    “Tadi pak Kabagbinops bersama Wakapolrestabes Surabaya sudah pimpin Latihan di Stadion Gelora Bung Tomo bersama personel yang akan ditugaskan sebagai steward,” kata Puji.

    --

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    2 dari 4 halaman

    Libatkan Banyak Personel

    Rencananya, sebanyak 3.393 personel gabungan TNI dan Polri akan dilibatkan untuk pengamanan Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya. Mereka diterjunkan untuk menjaga sejumlah lokasi penting selama perhelatan akbar itu berlangsung.

    Itu juga termasuk venue yang akan digunakan sebagai tempat latihan, yakni Stadion Gelora 10 November 2023, Lapangan THOR, dan Lapangan A-C Kompleks Stadion GBT.

    Sesuai rencana, sejumlah tokoh besar bakal hadir dalam acara pembukaan pada 10 November 2023 atau tepat pada peringatan Hari Pahlawan Nasional. Di antaranya adalah Presiden RI Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino.

    Gebyar Piala Dunia U-17 2023 memang terasa sangat kuat di Surabaya mengingat Timnas Indonesia U-17 akan berlaga di kota ini. Mereka akan bersaing di Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

    Selain itu, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, juga akan menjadi venue dua pertandingan babak 16 besar pada 21 November 2023.

     

    3 dari 4 halaman

    Jaga Kemananan dan Beri Pertolongan Medis

    Kombes Puji juga telah menyiapkan personel gabungan dari Brimob, Reserse, hingga Lalu Lintas sebagai Steward pada gelaran Piala Dunia U-17 di Stadion GBT.

    “Semua ada 350 personel kita siapkan untuk ditugaskan sebagai Steward dan sudah mengikuti pelatihan,” imbuh Puji Santoso.

    Personel yang ditugaskan sebagai Steward nantinya akan ditempatkan di Zona 1 GBT saat pertandingan berlangsung untuk memberikan pelayanan dan pengamanan.

    “Steward nantinya selain melakukan tugas pengamanan juga memberikan pertolongan medis pada penonton yang sakit hingga evakuasi penonton dari dalam keluar stadion jika situasi darurat,” tutur Puji Santoso.

     

    4 dari 4 halaman

    Digeber Selama Dua Hari

    Usai pelatihan, sebanyak 350 steward dari personel Polda Jatim itu akan diberi surat keterangan telah memiliki kemampuan steward untuk pertandingan sepak bola.

    “Steward kita latih selama dua hari dengan pemateri dari panitia lokal PSSI dan Mabes Polri dengan pedoman perpol nomor 10 tahun 2022,” tuturnya.

    Video Populer

    Foto Populer