Sukses


Agus dan Maria Londa Sumbang Emas dari Atletik

Bola.com, Singapura - Atletik kembali memberikan emas untuk Indonesia. Raihan dua emas itu datang dari Maria Londa yang turun di lompat jauh putri serta Agus Prayogo yang berlari di nomor 10.000 meter putra.

Agus, yang memperoleh perak di nomor 5.000 meter (9/6), memperbaiki prestasinya itu di nomor yang juga jadi spesialisasinya, 10.000 meter. Berbeda dengan perlombaan di 5.000 meter yang ditelikung pelari yang menempelnya sepanjang perlombaan dan menyalip jelang garis finis, di nomor 10.000 meter ini Agus justru berlari makin kencang meninggalkan delapan pelari lainnya jelang finish.

"Saya bersyukur bisa menambah kecepatan mulai lima lap terakhir. Saya juga bisa berlari dengan stabil sejak awal," kata Agus.

Agus, yang meraih dua emas pada SEA Games 2011, jadi yang pertama melewati garis finish dengan catatan waktu 29 menit 41,56 detik.

Di loncat jauh putri, asa Indonesia menggapai emas sempat nyaris sirna setelah Maria Londa dinyatakan didiskualifikasi pada lompatan pertama. Akan tetapi, dua lompatan Maria berikutnya mampu mendongkrak performanya.

Di lompatan kedua atlet bernama lengkap Maria Natalinda Londa itu mencatatkan jarak 6,04 meter sedangkan di lompatan ketiga 6,70 meter. Lompatan itu jadi yang terjauh di antara sembilan pesaing lainnya.

Lompatan sejauh 6,70 meter itu juga memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri. Bahkan lompatan itu hanya berselisih 0,01 meter dari rekor SEA Games yang hingga sekarang dipegang pelompat jauh Filipina, Marestella Toress. Toress mencatatkan lompatan 6,71 meter di SEA Games 2011 Indonesia.

"Saya sempat tegang karena lompatan pertama gagal. Tapi saya senang akhirnya bisa menang. Medali ini buat pelatih saya, I Ketut Pageh, yang akan berulang tahun pada 29 Juni," ungkap Maria.

Maria akan berjuang menggapai emas lagi pada Kamis (11/9). PNS Disdikpora Bali itu akan turun di lompat jangkit putri.
Dua tambahan emas dari atletik yang digelar di Stadion Nasional, Singapura itu, membuat atletik hingga hari ini sudah menyumbang tiga medali emas. Khusus hari ini, selain raihan dua emas, Indonesia juga mendapat satu perunggu dari Andrian yang turun di 400 meter lari gawang putra.

Baca juga :

Tangis Meledak di Atas Ring, Indonesia Sabet Emas

Tim Bulutangkis Putri Jumpa Malaysia

Pecundangi Singapura, Timnas Basket Putri Buka Asa Sabet Medali

Video Populer

Foto Populer