Sukses


Juara Umum, Bulutangkis Indonesia Lewati Target SEA Games 2015

Bola.com, Singapura - Tim Indonesia pastikan keluar sebagai juara umum cabang olah raga bulu tangkis di SEA Games 2015. Menambah satu keping medali emas dari ganda campuran, Praveen Jordan/Debby Susanto, total, skuat Merah Putih berhasil mendulang tiga medali emas. Melewati target yang dipatok Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Semula, baik PP PBSI maupun Satlak Prima, memproyeksikan perolehan medali emas dari cabor bulu tangkis sebanyak dua keping. Tepatnya melalui nomor perorangan ganda putra dan ganda campuran.

Namun, pada perjalanannya, tim Indonesia berhasil melebihi target tersebut. Selain meraih medali emas dari nomor proyeksi, pasukan tepok bulu juga sukses memenangi medali emas di nomor beregu putra.

Nomor perorangan tunggal putri juga tidak mau kalah melampaui target. Ditargetkan meraih medali perunggu, Hanna Ramadini justru unjuk gigi dengan mencapai final.

Meski gagal mengalahkan wakil Thailand, Busanan Ongbumrungpan, keberhasilan Hanna memijak final dan mendapat medali perak layak diacungi jempol. Apalagi, status Hanna hanya menggantikan peran Bellaetrix Manuputty, yang urung berangkat karena cedera.

Sementara itu, dua pemain ganda Indonesia yang turun di nomor berbeda, Angga Pratama dan Debby Susanto, sukses menjaga tren medali emas di SEA Games. Bertandem dengan Ricky Karanda Suwardi, Angga kembali naik podium kampiun usai mengalahkan kompatriotnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcsus Fernaldi Gideon.

Sedangkan, Debby, yang kali ini berpasangan dengan Praveen Jordan, menambah koleksi medali emas SEA Games-nya setelah mencatat kemenangan dramatis atas pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying 18-21, 21-13, dan 25-23.

“Tentunya senang sekali bisa mempertahankan gelar, saya memang mau dapat emas dengan partner yang berbeda. Serta memberikan kado untuk kedua orangtua saya yang sudah datang ke sini,” ucap Debby.

Selain tiga medali emas, tim bulu tangkis juga menyumbang dua medali perak dan tiga medali perunggu kepada Kontingen Indonesia di SEA Games 2015.

Dua medali perak masing-masing diraih tunggal putri Hanna Ramadini, dan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sedangkan tiga medali perunggu SEA Games 2015 dipastikan melalui dua pasangan ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istaranni dan Suci Rizki Andini/Maretha Dea Giovani, serta ganda campuran Riky Widianto/Richi Puspita Dili.

Berikut hasil lengkap babak final SEA Games 2015:

Ganda Putri: Hoo Kah Mun Vivian/Woon Khe Wei (MAS) vs Amelia Alicia Anscelly/Soong Fie Cho (MAS) 18-21, 13-21

Tunggal Putri: Hanna Ramadini (INA) vs Busanan Ongbumrungpan (THA) 17-21, 12-21

Tunggal Putra: Chong Wei Feng (MAS) vs Mohammad Arif Abdul Latif (MAS) 21-8, 21-9

Ganda Putra: Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi (INA) vs Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (INA) 21-12, 24-22

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Debby Susanto (INA) vs Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (MAS) 18-21, 21-13, 25-23

Baca juga:

Jordan / Debby Menang, Bulu Tangkis Dulang 3 Emas SEA Games 2015

Angga / Ricky Tuntaskan Misi Emas di SEA Games 2015

Raih Perak, Hanna Ramadini Lampaui Target di SEA Games 2015

Video Populer

Foto Populer