Sukses


Jadi Bagian Tukar Guling, Lee Tinggalkan Golden State Warriors

Bola.com, Oakland - Tugas center veteran David Lee di Golden State Warriors resmi berakhir. Setelah lima musim mengarungi kompetisi NBA dan menghasilkan satu gelar juara, Lee akhirnya meninggalkan Warriors.

Dilansir The Associated Press, Rabu (8/7/2015), Lee jadi bagian dari transaksi 'tukar guling' antara Warriors dengan Boston Celtics, yang juga melibatkan Gerald Wallace. Pada kesepakatan pertukaran pemain tersebut, Lee akan hijrah ke Celtics, sementara Warriors mendapatkan Wallace.

Tidak dijelaskan secara pasti motif di balik transaksi ini. Yang jelas, bila dibandingkan, performa Lee masih satu level di atas Wallace. Bukan cuma faktor cincin juara, catatan statistik Lee juga terekam lebih baik ketimbang Wallace.

Selama 10 musim berkarir di NBA, Lee membukukan rerata 14.7 poin, 9.5 rebound, dan 2.3 assist per gim. Sementara Wallace, yang memulai karier NBA sejak 2001, cuma bisa membuat rerata 11.9 poin, 5.8 rebound, dan 2.1 assist per gim.

Musim lalu, Lee tercatat sebagai pemain dengan bayaran paling tinggi di Warriors, 15 juta dollar AS atau sekitar 200 miliar rupiah selama setahun. Namun begitu, peran Lee terbilang sedikit menurun di musim lalu lantaran kerap didera cedera.

Imbasnya, pebasket berusia 32 tahun itu hanya bisa mencatat rerata poin per gim 7.9 poin. Terendah kedua sepanjang kariernya di NBA.

Kendati demikian, Lee tidak mengeluh. Dia juga tak pernah mengungkit-ungkit pengorbanannya lima tahun silam, saat memutuskan untuk bergabung ke Warriors, yang tengah membangun tim dari nol lagi. Padahal, saat itu, karir Lee di New York Knicks sudah cukup diperhitungkan.

Kini, setelah lima musim bekerja keras dan membuahkan hasil cincin juara bersama Golden State Warriors, David Lee siap meneruskan pengalamannya kepada pasukan muda Boston Celtics.

Baca juga:

Manu Ginobili Bertahan di San Antonio Spurs

Marc Gasol Perpanjang Masa Bakti di Memphis Grizzlies

Jelang Musim Baru, Los Angeles Lakers Buru 2 Pemain Ini

Video Populer

Foto Populer