Sukses


Kena Flu Parah, Van Garderen Mundur dari Tour de France 2015

Bola.com, Pra Loup - Akhir ironis terpaksa diterima pebalap sepeda BMC Racing Team, Tejay van Garderen, di Tour de France (TdF) 2015. Tengah berjuang memenangi gelar juara, Van Garderen justru harus menyudahi balapan lebih awal karena menderita flu parah.

Saat memulai Etape ke-16 Digne les Bains-Pra Loup, Van Garderen berada di peringkat ketiga klasemen umum pebalap. Pebalap sepeda berkebangsaan Amerika Serikat (AS) itu cuma tertinggal 3 menit 32 detik dari sang pimpinan klasemen, Chris Froome.

Namun, usai melewati 60 kilometer pertama dari total 161 km yang harus diselesaikan, Van Garderen tak lagi mampu mengikuti irama kayuhan para pebalap di dalam peloton. Meski sempat kembali ke dalam peloton lagi, Van Garderen akhirnya menyerah saat balapan masih menyisakan 70 km lagi.

Balapan di etape ini kemudian dimenangkan pebalap sepeda Team Giant-Alpecin, Simon Geschke, yang menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 4 jam 12 menit 17 detik. Unggul 32 detik atas pebalap sepeda Team Cannondale-Garmin, Andrew Talansky.

"Sungguh mengecewakan hilang dari bagian 'berjuang untuk podium juara', dan malah keluar dari balapan," tutur Van Garderen, dilansir The Associated Press, Kamis (23/7/2015).

"Rasanya saya ingin menghilang saja sekarang. Sungguh sulit menatap mata rekan-rekan setim dan menelepon istri saya untuk menjelaskan apa yang terjadi di sini," sambung pebalap sepeda berusia 26 tahun itu.

Van Garderen berjuang melawan penyakit flu selama beberapa hari terakhir. Tapi, di etape kemarin, penyakitnya ini tidak dapat dilawan lagi.

Dengan pengunduran diri Tejay Van Garderen, maka posisi ketiga klasemen umum kini dihuni pebalap Movistar Team, Alejandro Valverde. Sementara di urutan 1-2 Tour de France 2015, tetap diisi Chris Froome dan rekan setim Valverde, Nairo Quintana.

Berikut klasemen umum sementara TdF 2015 (sampai etape ke-16)

1. Chris Froome (Team Sky), 69 jam 6 menit 49 detik
2. Nairo Quintana (Movistar Team), +3 menit 10 detik
3. Alejandro Valverde (Movistar Team), +4 menit 9 detik
4. Geraint Thomas (Team Sky), +6 menit 34 detik
5. Alberto Contador (Tinkoff-Saxo), +6 menit 40 detik
6. Robert Gesink (Team Lotto NL-Jumbo), +7 menit 39 detik
7. Vincenzo Nibali (Astana Pro Team), +8 menit 4 detik
8. Mathias Frank (IAM Cycling), +8 menit 47 detik
9. Bauke Mollema (Trek Factory Racing), +11 menit 47 detik
10. Warren Barguil (Team Giant-Alpecin), +13 menit 8 detik

Baca juga:

Tour de France 2015: Contador Sebut Persaingan Belum Berakhir

Tour de France 2015: Froome Lega Etape ke-15 Berjalan Lancar

Tour de France 2015: Greipel Tempel Sagan di Perebutan Kaos Hijau

Video Populer

Foto Populer