Sukses


Kejuaraan Dunia 2015: Tommy Sugiarto Lewati Hadangan Pertama

Bola.com, Jakarta - Rapor hijau ditorehkan pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, di babak pertama Kejuaraan Dunia BWF 2015. Bertemu wakil Spanyol, Pablo Abian, di Lapangan 1 Istora Senayan, Jakarta, Senin (10/8/2015), Tommy menang straight game, 21-16, 21-13.

Meski meraih kemenangan dua gim langsung, performa Tommy sempat membuat publik Istora menahan napas untuk beberapa saat. Di gim pertama, unggulan ke-15 itu tertinggal 7-11 dari Abian. Baru setelah interval, Tommy berhasil menemukan irama permainannya. Mampu mengontrol bola lebih baik, Tommy pun menyamakan kedudukan menjadi 13-13.

"Di gim ini, saya memang masih beradaptasi dengan situasi lapangan. Di awal-awal laga, saya juga masih bermain buru-buru. Kontrol bola saya masih belum baik. Tapi, pas sudah bisa ketemu, saya jadi lebih nyaman dan pede. Sementara lawan malah lebih banyak buat kesalahan sendiri dan kesulitan untuk menangi poin," papar Tommy seusai pertandingan.

Situasi tersebut lantas membawa Tommy bermain nyaris tanpa cela di sisa gim pembuka. Usai memenangi enam poin beruntun, Tommy kemudian menutup gim pertama dengan meraih dua poin terakhir.

Di gim kedua, Tommy diuntungkan dengan kondisi lapangan. Berada dalam posisi melawan angin, pebulutangkis yang kini menduduki peringkat 13 dunia itu melanjutkan permainan apiknya. Sebaliknya, sang lawan justru kesulitan menghadapi keadaan menang angin. Berkali-kali pengembalian bola Abian mendarat di luar lapangan.

Puncaknya, saat dia gagal mengembalikan bola Tommy di posisi match point untuk Tommy. Melebar ke kiri lapangan lawannya, Abian pun harus mengakui kemenangan wakil tuan rumah.

"Harus saya akui, hari ini Tommy bermain bagus. Saya betul-betul kesulitan di gim kedua. Kondisi lapangan yang berangin membuat kontrol pukulan bola saya tidak terkendali. Selain itu, faktor melawan wakil tuan rumah juga memberi beban tersendiri buat saya," jelas Abian, secara terpisah.

Di babak kedua, Tommy akan menjumpai wakil Hong Kong, Wei Nan. Meski unggul dari sisi peringkat dunia, dalam rekor pertemuan Tommy justru tertinggal 1-2. Namun begitu, duel terakhir yang terjadi di India Terbuka Super Series menjadi milik Tommy. Di sana, Tommy Sugiarto menang 21-12, 21-13 atas Wei.

Hasil Kejuaraan Dunia BWF 2015 bisa dilihat di sini.

Baca juga:

Kejuaraan Dunia 2015: Greysia / Nitya Ingin Juara

Kejuaraan Dunia 2015: Saatnya Owi/Butet Mengulang Prestasi 2013

Kejuaraan Dunia 2015: Ahsan / Hendra Tak Takut Lawan Siapa Pun

Video Populer

Foto Populer