Sukses


8 Momen Aneh dan Kontroversial di AS Terbuka

Bola.com, New York - Tahun ini, turnamen Grand Slam Amerika Serikat (AS) Terbuka memasuki usia ke-134 tahun. Selama lebih dari seabad, banyak kejadian menarik yang mewarnai turnamen ini. Mulai dari bentrokan di tribune penonton dan ruang ganti, insiden pisang, hingga pembelotan.

Inilah 8 momen aneh dan kontroversial yang pernah terjadi di ajang AS Terbuka, seperti dilansir BBC, Sabtu (29/8/2015).

1. Seorang umpire dan linesman, Lois Goodman, sedang berada di New York dan bersiap bertugas di AS Terbuka 2012. Tiba-tiba dia ditangkap dengan tuduhan membunuh suaminya. Dia kemudian dituntut secara resmi untuk kasus pembunuhan.

Namun, Goodman tak pernah menjalani persidangan, karena tuntutan itu akhirnya dibatalkan. Goodman berhasil melewati tes kebohongan dan hasil tes DNA membuktikan dia tak terlibat dalam kejahatan apa pun. Dia kemudian kembali bertugas di Flushing Meadows pada musim panas berikutnya.

2. Pada turnamen AS Terbuka 1977, Renee Richards menjadi orang transgender pertama yang tampil di turnamen grand slam. Sebagai seorang petenis amatir pria (penghasilannya datang lewat pekerjaannya sebagai ahli bedah mata di Manhattan), Richards lima kali tampil di AS Terbuka pada rentang waktu 1953 dan 1960.

Reene Richards

Setelah bertransisi menjadi perempuan pada 1975, dia dilarang tampil di turnamen putri oleh Asosiasi Tenis Amerika Serikat pada 1976. Dia menempuh jalur hukum dan menang, Richards kemudian bisa berpartisipasi di turnamen tenis. Namun, Richards sungguh tak beruntung karena langsung bertemu juara bertahan Wimbledon asal Britania, Virginia Wade. Alhasil, dia langsung tersingkir di putaran pertama.

3. “Hidup saya bukan tentang pisang.” Itulah yang diucapkan petenis Rusia, Maria Sharapova, setelah muncul kontroversi mengenai buah-buahan saat dia menjuarai AS Terbuka 2006. Setidaknya dua kali ayah Sharapova, Yuri, tertangkap kamera sedang memegang pisang.

Penjelasan polos insiden itu, Yuri ingin mengingatkan Sharapova supaya tak lupa makan saat final melawan Justine Henin. Sedangkan teori konspirasinya adalah pisang tersebut kode dan sebuah instruksi ilegal. “Saya baru saja memenangi grand slam. Hal terakhir yang ingin saya bicarakan adalah pisang, begitu kan? Bisakah Anda bilang kepada saya, jika seseorang bilang kepada saya untuk makan pisang, apakah Anda pikir itu alasan saya bisa memenangi pertandingan? Ini nasihat luar biasa. Kami seharusnya bilang kepada para pemain muda supaya membawa pisang dan mereka akan menang. Luar biasa,” sindir Sharapova.

4. Saat sedang berada di New York untuk bertanding di AS Terbuka 1975, Martina Navratilova masuk ke gedung Imigrasi dan Layanan Naturalisasi di Manhattan dan membelot ke Amerika Serikat. Pemerintah Republik Ceko (dulu masih bernama Cekoslovakia) kemudian membuat pernyataan.

“Martina Navratilova telah memberikan kekalahan langsung di wajah komunitas Cekoslovakia. Navratilova punya segala kesempatan di Cekoslovakia untuk mengembangkan talentanya, tapi dia memilih karier profesionalnya dan menggemukkan akun banknya.

5. Dari seluruh pilihan fashion yang pernah dikenakan Serena Williams, tak ada yang lebih sensasional dibanding setelan "kucing hitam" yang dipakainya pada AS Terbuka 2012.

Serena Williams

6. Andy Roddick marah dan mendorong Novak Djokovic ke loker pada AS Terbuka 2008. Saat itu Roddick marah gara-gara “kicauan” petenis Serbia itu. “Saya sedang berbicara dan dia datang, kemudian menepuk pantat saya, seperti biasanya. Tetapi, dia berkicau setelah itu. Jadi saya langsung mengkonfrontasinya, dan mendorongnya ke loker,” kata Roddick menjelaskan, beberapa tahun kemudian.

Andy Roddick dan Novak Djokovic

7. Bagi sebagian orang, insiden Serena Williams memarahi hakim garis pada AS Terbuka 2009 menjadi “hal paling keren yang pernah terjadi.” Kemarahan petenis putri Amerika itu dipicu ketika sang hakim garis menyatakan Serena melakukan foot-fault. Gara-gara itu, lawannya, Kim Clijsters, mendapat match point.

Serena marah dan akhirnya kena poin penalti karena dianggap melontarkan kata-kata kasar. Akhirnya Clijsters menjadi juara. Beberapa saat kemudian, sejumlah orang mendatangi Serena dan menyatakan momen tersebut telah mendorong mereka jadi fans tenis untuk kali pertama.

“Banyak orang bilang itu adalah momen paling keren yang pernah mereka lihat. Saya rasa itu agak sedikit aneh. Setelah kejadian itu mereka kini jadi penikmat tenis, dan saya merasa keren,” ujar Serena.

8. Salah satu permainan Novak Djokovic di AS Terbuka 2010 sempat dihentikan sementara saat segelintir fans mulai berteriak kencang-kencang di Arthur Ashe Stadium.

Sebuah koran di New York keesokan harinya menurunkan berita “perkelahian pecah di tribune penonton”. Juru bicara turnamen kemudian berkomentar: Itu malam yang panas di New York. Hal seperti itu kadang terjadi.

Baca juga:

Skenario Djokovic Vs Nadal di Perempat Final AS Terbuka 2015

Feature: Federer dan Nadal di Persimpangan US Open

Kvitova - Safarova Gelar All-Czech Republic Final di Connecticut

Video Populer

Foto Populer