Sukses


6 Rekor Baru Podium Tercipta di MotoGP San Marino

Bola.com, Misano - Balapan dramatis MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, akhir pekan lalu, masih menyisakan banyak cerita menarik. Salah satunya adalah sejumlah pemecahan rekor di podium.

Hasil akhir pada balapan tersebut memang benar-benar di luar prediksi. Para pebalap terpaksa berganti motor dua kali akibat interupsi hujan. Alhasil, wajah-wajah yang naik podium tidak seperti biasanya. Komposisi Marc Marquez, Bradley Smith, dan Scott Redding, di podium Misano ternyata membukukan sejumlah rekor baru.

Inilah rekor-rekor di podium Sirkuit Misano, seperti dilansir situs resmi MotoGP, Minggu (20/9/2015).

1. Ini kali pertama podium MotoGP diisi tiga pebalap lulusan kelas Moto2.

2. Untuk kali pertama podium MotoGP diisi dua pebalap dari tim satelit sejak MotoGP Britania 2009 di Sirkuit Donington. Saat itu Andrea Dovizioso yang menjadi jagoan Honda menang, sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati Colin Edward (Tech 3 Yamaha) dan Randy de Puniet (LCR Honda).

3. Tak ada satu pun pebalap yang naik podium di Misano kali ini yang juga menempati posisi tiga besar pada seri sebelumnya, yaitu di Sirkuit Silverstone, Inggris. Ini kali pertama enam pebalap berbeda berhasil naik podium di dua balapan beruntun. Peristiwa seperti ini hanya pernah terjadi pada balapan terakhir 2012 (Dani Pedrosa, Katsuyuki Nagasuka, Casey Stoner) dan seri pertama musim 2013 (Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Marc Marquez).

4. Scott Redding finis di urutan ketiga meskipun sempat terjatuh di awal balapan dan kemudian membalap lagi. Pebalap terakhir yang terjatuh, kembali melaju, dan kemudian berhasil finis di podium adalah Casey Stoner di Laguna Seca pada 2008. Saat itu dia finis kedua setelah terjatuh di tikungan terakhir lap ke-24, ketika sedang bertarung dengan Valentino Rossi untuk memperebutkan posisi pertama.

5. Rata-rata usia pebalap yang finis di Sirkuit Misano kali ini adalah 23 tahun 128 hari. Ini adalah rataan usia termuda podium MotoGP sejak GP Qatar 2008. Saat itu Casey Stoner berhasil mengungguli Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Rata-rata umur mereka adalah 21 tahun 329 hari, alias yang termuda di kelas premier sepanjang masa.

6. Untuk kali pertama dua pebalap Britania mampu bersama-sama naik podium grand prix, sejak Grand Prix Venezuela pada 1979. Saat itu Barry Sheene (Inggris) memenangi balapan dan posisi ketiga ditempati Tom Herron dari Irlandia Utara. Kali terakhir dua pebalap Inggris naik podium bersama-sama di grand prix kelas utama yaitu di Silverstone pada 1978. Steve Manship finis di urutan kedua dan Barry Sheene di posisi ketiga.

Baca Juga: 

Legenda Balap Tantang Rossi Pecahkan Rekor dan Traktir Makan

Biaggi Jagokan Rossi Juara MotoGP Musim Ini

Lupakan Titel, Marquez Fokus Menangi Lima Balapan Tersisa

Video Populer

Foto Populer