Sukses


Raih 3 Grand Slam, Djokovic Jadi Favorit di ATP World Tour Finals

Bola.com, London - Dominasi petenis nomor satu dunia Novak Djokovic sepertinya masih akan berlanjut, setidaknya sampai akhir tahun ini. Pasca memenangi tiga dari empat gelar grand slam, fokus utama Djokovic berikutnya ialah mempertahankan titel ATP World Tour Finals 2015.

Menuju ke situ, dukungan terus mengalir kepada Djokovic. Termasuk dari ATP Executive Chairman and President, Chris Kermode, yang meloloskan petenis Serbia itu ke ATP World Tour Finals 2015 sejak Juni lalu.

"Novak Djokovic tengah menjalani musim hebat lain dalam karier tenisnya di ATP World Tour, dan dia sangat layak menerima kehormatan sebagai petenis pertama yang lolos kualifikasi di ATP World Tour Final tahun ini," papar Kermode dalam wawancaranya dengan ATP World Tour, beberapa waktu lalu.

"Dia melanjutkan standar permainan tenis tertinggi di turnamen ini, dan tentu akan sangat menyenangkan melihat dia mencatat kemenangan keempat kali secara beruntun di The O2, London. Kami sangat menantikan kehadiran dia kembali November mendatang," sambungnya.

Hingga tahun lalu, Djokovic sukses mencatatkan namanya sebagai petenis kedua yang mampu memenangi gelar tiga tahun berturut-turut (2012-2014). Sebelum dia, Ivan Lendl (Amerika Serikat/AS) berhasil menjuarai turnamen yang dulu bernama Masters Grand Prix dalam rentang 1985-1987.

Pencapaian tersebut jelas menjadi pembeda antara Djokovic dan sejumlah rival terberatnya saat ini, seperti Roger Federer, Rafael Nadal, dan Andy Murray. Di antara ketiga nama tersebut, hanya Federer yang rekor kemenangannya masih lebih banyak ketimbang Djokovic, yakni enam kali. Namun, Federer belum pernah mencetakĀ hattrickĀ pada rekor kemenangannya.

Sementara Nadal, tercatat baru dua kali menjadi runner-up, yakni pada 2010 dan 2013. Sedangkan Murray, malah belum pernah sekalipun lolos ke babak final ATP World Tour Finals.

Mengacu pada fakta-fakta tersebut, wajar bila Djokovic masih menjadi yang terfavorit di turnamen akhir tahun ini. Apalagi, petenis yang biasa disapa Nole itu punya modal mumpuni, tiga gelar grand slam, Australia Terbuka, Wimbledon, dan AS Terbuka.

Sampai saat ini, baru empat petenis yang dipastikan mengenggam tiket ATP World Tour Finals. Selain Djokovic, petenis andalan Inggris Raya, Murray, serta dua petenis Swiss, Federer dan Stanislas Wawrinka, juga sudah lolos.

Empat tempat tersisa kemungkinan besar akan menjadi milik Tomas Berdych (Republik Ceko), Kei Nishikori (Jepang), Rafael Nadal dan David Ferrer (Spanyol).

Baca juga:

Libur Turnamen, Nadal Pilih Dukung Tim Basket Spanyol

Women's Circuit: Tak Diunggulkan, Lavinia Target Perempat Final

Gemilang, Murray Bawa Inggris Raya ke Final Piala Davis 2015

Video Populer

Foto Populer