Sukses


Tumbangkan Juara Bertahan, Tiongkok Temui Filipina di Final

Bola.com, Changsha-Hunan - Dominasi tim tuan rumah Tiongkok berlanjut pada gelaran Kejuaraan FIBA Asia 2015. Mendapat dukungan penuh dari publik sendiri yang memadati Gymnasium of Changsha Social Work College, Changsha, Hunan, Tiongkok, Jumat (2/10/2015) malam kemarin, Tiongkok melibas juara bertahan Iran, 70-57, di laga semifinal.

Kemenangan ini membawa Tiongkok melangkah ke final. Di partai puncak, yang dijadwalkan berlangsung hari ini, Sabtu (3/10/2015), pukul 19.30 malam waktu setempat, Ji Yianlian dkk. akan menjamu satu-satunya wakil Asia Tenggara tersisa, Filipina.

Filipina lolos ke final setelah di laga semifinal lainnya mengalahkan Jepang, 81-70.

Tak seperti duel Tiongkok kontra Iran yang berjalan berat sebelah sejak kuarter pertama, laga Filipina versus Jepang justru berlangsung ketat.

Di kuarter pertama, Jepang unggul 17-16. Namun, Filipina kemudian membalas di kuarter berikutnya. Mengemas 23 poin berbanding 22 angka milik Jepang, skuat Gilas mampu menyamakan kedudukan menjadi 39-39.

Skor kembali sama kuat di akhir kuarter ketiga. Sama-sama mencetak 15 poin, kedudukan sementara tercatat 54-54.

Baru di kuarter terakhir Filipina betul-betul bisa lepas dari tekanan Jepang. Dimotori pemain naturalisasi Jayson William, Filipina mencetak 27 angka dari keranjang lawan. Sedangkan Jepang cuma bisa menambah 16 poin. Skor final pun berkesudahan 81-70 untuk Filipina.

Jika mampu kembali bermain seperti ini, bukan tidak mungkin Filipina bakal mengangkat trofi di akhir turnamen. Apalagi, bila mereka bisa tampil tanpa beban lantaran tidak main di depan publik sendiri.

Sejarah mencatat, duel Filipina melawan Tiongkok selalu berjalan menarik. Tahun lalu misalnya, setelah Filipina mengalahkan Tiongkok di Piala FIBA Asia, pada Juli, Tiongkok berbalik menang atas Filipina di Asian Games, yang berlangsung pada September - Oktober.

Di FIBA Asia 2015, rekam jejak Tiongkok memang lebih mentereng. Bertindak sebagai tuan rumah, tim Negeri Tirai Bambu belum pernah sekalipun menelan kekalahan.

Sementara Filipina, sempat dikejutkan Palestina yang membungkam mereka di laga pertama penyisihan grup. Namun, setelah itu, Filipina tak pernah lagi menelan kekalahan di FIBA Asia 2015.

Baca juga:

Filipina Lengkapi Tim Semifinalis FIBA Asia 2015

Iran Selangkah Dekati Pertahankan Gelar FIBA Asia

Atasi India, Filipina Lolos ke Perempat Final FIBA Asia 2015

Video Populer

Foto Populer