Sukses


Pacquiao Gantung Sarung Tinju Tahun Depan

Bola.com, Manila - Petinju Filipina, Manny Pacquiao, menyatakan bakal pensiun tahun depan karena ingin fokus berkarier di kancah politik. Sehari sebelumnya, petinju berjuluk Pac-Man tersebut telah mengumumkan bakal maju dalam pencalonan sebagai senator.

Petinju yang telah memenangi delapan gelar di berbagai kelas tersebut mengaku telah mempertimbangkan hal itu masak-masak.  

“Rasanya saya telah siap (pensiun). Saya telah berkecimpung di dunia tinju lebih dari 20 tahun. Saya telah berdoa kepada Tuhan untuk meminta petunjuk dan saya bahagia dengan keputusan ini,” ujar pria berusia 36 tahun tersebut dalam wawancara dengan televisi lokal Filipina, ABS-CBN, seperti dilansir AFP, Rabu (7/10/2015).

Pacquiao terjun ke tinju profesional saat berusia 16 tahun dan telah memenangi 57 pertarungan, 38 di antaranya dengan knockout, dan kalah enam kali. Dua pertarungan lainnya berakhir imbang.

Duel terakhir Pac-Man adalah melawan petinju Amerika Serikat, Floyd Mayweather, yang dilabeli ‘Pertarungan Abad Ini’. Pac-Man takluk dalam pertarungan tersebut. Namun, sampai saat ini dia mengaku masih kecewa. Menurutnya, kekalahan tersebut disebabkan Mayweather memanfaatkan cedera bahu yang dialaminya.

Sementara itu, beberapa hari lalu Pac-Man mengumumkan bakal maju dalam pencalonan anggota senat pada pemilihan umum yang digelar Mei tahun depan.

“Saya bakal fokus ke sesuatu hal yang membutuhkan perhatian saya. Jika Anda seorang senator, fokus Anda hanya melakoni pekerjaan dan keluarga Anda,” ujar dia mengenai keputusannya ingin meninggalkan ring tinju.

Sebelum pemilihan umum tersebut, Pacquiao berencana naik ring sekali lagi. Namun, dia belum menetukan siapa lawannya dan tak menolak kemungkinan bertanding ulang melawan Mayweather, meskipun pria Amerika tersebut telah gantung sarung tinju. Salah satu kandidat terkuat lainnya adalah petinju Inggris, Amir Khan. Tetapi Pacquiao juga belum memberikan konfirmasi tentang hal itu.

Setelah melakoni pertarungan terakhir, Pac-Man berjanji bakal serius menjalankan perannya sebagai senator jika berhasil menang dalam pemilihan, Mei tahun depan.

“Saya tidak akan absen karena seisi negara ini bakal menjadi tanggung jawab saya,” tegasnya.

Baca Juga: 

Gagal Temui KOI, Tim Koordinasi Ambil Dua Sikap

Tour de Singkarak 2015: Giliran Amir Kolahdozhagh Kuasai Etape 4

Siap Bersaing Jadi Ketum KOI, Muddai Madang Usung Misi Khusus

 

Video Populer

Foto Populer