Sukses


Vettel Kena Penalti, Hamilton Berpeluang Segel Gelar

Bola.com, Jakarta Kans Lewis Hamilton menyegel gelar juara dunia Formula 1 (F1) di Grand Prix Amerika Serikat (AS) terbuka lebar setelah pesaing terdekatnya, Sebastian Vettel, kena penalti 10 grid kala start pada balapan di Sirkuit Austin, Minggu (25/10/2015) waktu setempat.

Penalti diberikan karena Vettel menggunakan mesin baru untuk balapan di GP AS. Dengan keputusan itu, pebalap Ferrari tersebut sudah mengganti mesin sebanyak lima kali, melebihi batasan yang ditetapkan sebanyak empat kali. Rekan setim Vettel, Kimi Raikkonnen, juga bakal mendapat penalti serupa. Komposisi ini membuat kans mereka mengalahkan Hamilton berkurang, kecuali hujan mengintervensi balapan.

“Kami akan kena penalti 10 grid karena menggunakan mesin baru pada balapan ini. Tetapi itu sudah jadi rencana kami, bukan rahasia besar,” kata Vettel, seperti dilansir Reuters, Jumat (23/10/2015).

“Tentu saja jika Anda melihat situasi balapan, ini bukan berita bagus. Tetapi Anda harus melihat keseluruhan proyek, keseluruhan musim. Rencana kami adalah selalu menggunakan mesin yang fresh hingga akhir musim,” imbuh pebalap Jerman tersebut.

Dengan empat balapan tersisa, Hamilton saat ini unggul 66 poin atas Vettel yang berada di urutan kedua klasemen sementara. Sedangkan rekan setim Hamilton, Nico Rosberg, berada di urutan ketiga, dengan defisit 73 poin dari sang pemuncak. Itu artinya, Hamilton hanya butuh mendulang sembilan poin lebih banyak daripada Vettel dan dua poin lebih banyak daripada Rosberg untuk menyegel gelar juara dunia.

Namun, Rosberg menyatakan tak akan membiarkan sang rekan setim menang dengan mudah. “Saya tak ada beban apapun. Saya ingin menang dan saya punya kesempatan menang,” ujar Vettel.

Baca Juga: 

Peluang Juara F1 Nyaris Tertutup, Rosberg Tak Mau Menyerah

Mengintip Peluang Hamilton Kunci Gelar di GP AS

Hamilton Akan Perlakukan GP AS Seperti Balapan Lain

Video Populer

Foto Populer