Sukses


Inilah Rivalitas Lorenzo dan Rossi Sepanjang Musim 2015

Bola.com, Roma - Setelah gelaran MotoGP 2015 berakhir, sejumlah statistik menarik tentang duo pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi akhirnya dirilis. Dalam data itu, Juara Dunia 2015 Jorge Lorenzo memiliki beberapa catatan mengesankan yang membuatnya layak berada di posisi teratas.

Pebalap Spanyol itu sebelumnya dituduh Rossi bisa jadi juara karena bantuan sesama rekan Spanyol, Marc Marquez. Namun penampilan apik yang ditunjukkan Lorenzo sepanjang musim membuat keberhasilannya tidak terjadi secara kebetulan, melainkan lewat perjuangan keras.

Menurut laman Gazzetta World, Senin (16/11/2015), dari tujuh kemenangannya di musim ini, Lorenzo selalu mampu memimpin jalannya lomba mulai dari tikungan pertama hingga garis finis. Ini menunjukkan, ketika ia menerobos celah sempit, tak ada pebalap lain lagi yang mampu menghentikannya.

Total, rider berusia 28 tahun itu mampu menyelesaikan 274 lap di posisi pertama. Catatan ini terbilang fantastis mengingat torehan yang dibukukan Marquez hanya 86 lap, sedangkan Rossi cuma bisa memimpin jalannya balapan selama 50 lap.

Namun, dalam hal konsistensi, Rossi terhitung lebih baik. Ia sudah naik podium 15 kali, sedangkan Lorenzo cuma 12 kali.

Meski The Doctor menyudahi musim balap 2015 dengan status runner-up, Rossi juga mengakhiri musim dengan predikat sebagai pebalap paling sukses di atas lintasan basah. Jika balapan hanya dihitung dengan kondisi cuaca buruk, maka Rossi akan memiliki keunggulan 56 poin.

Tapi, biar bagaimana pun, Rossi tetap masih gagal mengalahkan Lorenzo di urusan posisi start. Dari 18 seri balap, X-Fuera mampu memulai balap di depan Rossi sebanyak 16 kali.

Hasilnya, Lorenzo sukses menjadi kampiun MotoGP 2015 dengan keunggulan tipis lima poin atas Valentino Rossi.

Video Populer

Foto Populer