Sukses


Federer Berpisah dengan Mantan Petenis Idolanya

Bola.com, Jakarta - Petenis nomor tiga dunia, Roger Federer, mengakhiri kerja sama dengan pelatihnya, Stefan Edberg, Rabu (12/12/2015). Keduanya telah bekerja sama selama dua tahun, pada 2014-2015.

Petenis Swiss tersebut berhasil melenggang ke babak final Wimbledon dan Amerika Serikat (AS) Terbuka pada tahun ini. Namun, dalam dua final tersebut dia selalu kalah melawan petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic.

Dalam pernyataannya, Federer menyatakan bisa bekerja sama dengan Edberg bagaikan mimpi yang jadi kenyataan. Mantan petenis asal Swedia Swedia itu bahkan diklaim sebagai idola masa kecil Federer. Namun, hal itu tak membuat mereka melanjutkan kerja sama di lapangan tenis.

Posisi Edberg bakal digantikan duo pelatih Severin Luthi dan Ivan Ljubicic. Karier terbaik Ljubicic, 36, adalah mencapai ranking ketiga dunia dan memenangi 10 turnamen ATP.

Edberg berhasil memenangi 6 gelar grand slam saat jadi pemain di era 1980-an dan 1990-an. Dia membantu Federer mengadopsi gaya bermain yang lebih menyerang, dengan memaksimalkan servis dan pukulan voli. Di bawah besutan Edberg, maestro tenis Swiss itu memenangi lima turnamen ATP pada 2014 dan 6 turnamen pada tahun ini.

“Seharusnya Stefan hanya menangani saya pada 2014. Namun, Stefan setuju memperpanjang kerja sama sepanjang tahun ini, saya sangat mengapresiasinya,” ujar Federer, seperti dilansir BBC.

“Dia mengajari saya banyak hal dan pengaruhnya dalam permainan saya bakal selalu ada. Dia akan selalu menjadi bagian tim saya,” imbuhnya.

 

Video Populer

Foto Populer