Sukses


7 Pebasket Tertinggi dalam Sejarah NBA

Bola.com, Jakarta - Penggemar basket tentu mengetahui tinggi badan jadi faktor penting dalam olahraga ini, meskipun tak mutlak. Begitu juga di kompetisi  National Basketball Association (NBA).

Sejumlah pebasket NBA dikenal punya postur badan yang sangat tinggi dan juga berprestasi. Tinggi badan mereka di atas rata-rata para pemain lain.

Inilah 7 pebasket tertinggi dalam sejarah NBA yang dirangkum bola.com dari berbagai sumber. Selain sangat tinggi, mereka juga memiliki skill yang mumpuni.

7. Pavel Podkolzin

Pavel Podkolzin (depan) tampak menjulang dibanding pebasket-pebasket lain. (Sportgoogly)

Mantan pemain Dallas Maveriks ini juga menempati deretan pemain yang punya tinggi badan istimewa dalam sejarah NBA. Tinggi badannya 7 kaki 5 inchi atau sekitar 226 cm. Saat ini dia bermain untuk tim Liga Basket Rusia, Sibirtelecom Lokomotiv Novosibirsk.

6. Slavko Vranes

Pemain ini memiliki tinggi badan 226 cm. Slavko Vranes pernah memperkuat sejumlah tim di NBA, termasuk New York Knicks (2003) dan Portland Trail Blazers (2004).

Dia juga pernah bermain untuk Sanaye Petroshimi BC (Super Liga di Iran), Metalac Valjevo, dan Zob Ahan Isfahan. Kini, dia memperkuat Ayandez Sazan Tehran.

2 dari 3 halaman

1

5. Chuck Nevitt

Chuck Bevitt juga dikenal karena tinggi badannya. Dia tampil selama sembilan musim di NBA dan kini telah pensiun. Tingginya juga 7 kaki 5 inchi atau sekitar 226 cm dan biasa bermain di posisi center.

Nevitt pernah bermain di sejumlah tim NBA, termasuk Houston Rchockets, San Antonio Spurs, Los Angels Lakers, Chicago Bulls, dan Detroit Pistons pada periode 1982-1993. Dia menjadi satu-satunya pemain tertinggi yang pernah memenangi gelar juara NBA.

4. Yao Ming

Mantan pemain Timnas Basket Tiongkok, Yao Ming, bertinggi badan 229 cm. Dia dulu bermain untuk Houston Rockets. Gara-gara cedera engkel dan kaki, dia mengumumkan pensiun pada Juli 2011.

3. Shawn Bradley

Shawn Bradley (grantland.com)

Sama seperti Yao Ming, Shawn Bradley juga bertinggi badan 229 cm. Dia dikenal karena memiliki kemampuan blocking shots yang mumpuni. Shawn Bradley pernah bermain di Dallas Mavericks, Philadelphia 76ers, dan New Jersey.

3 dari 3 halaman

2

2. Manute Bol

Manute Bol bertinggi badan 231 cm dan masuk Guinness Book of World Records. Dia mantan pemain NBA kelahiran Sudan. Dia berkiprah di NBA pada musim 1985 hingga 1995, memperkuat empat tim, Bullets, Golden State Warriors, Philadelphia 76ers, dan Miami Heat. Posisi bermainnya sebagai center, serta dianggap sebagai shot-blockers terbaik dalam sejarah NBA.

1. Gheorghe Muresan

Tinggi badan Gheorghe Muresan hanya sedikit di atas Manute Bol. Tinggi badannya juga sekitar 231 cm. Musim terbaik Muresan adalah pada 1994/1995, dengan rataan poin 14,5. Dia memperoleh penghargaan NBA Most Improved Player pada 1996.

Tim yang NBA yang pernah diperkuatnya adalah Washington Bullets dan New Jersey Nets. Muresan akhirnya memutuskan pensiun dari arena basket pada 2006.

Video Populer

Foto Populer