Sukses


4 Pebalap yang Menderita Cedera di Luar Balapan

Bola.com, Jakarta - Menderita cedera adalah risiko yang lumrah dialami pebalap mobil maupun motor. Mereka bisa mendapatkan cedera itu akibat mengalami kecelakaan di akhir pekan saat menjalani lomba dalam balapan, sesi kualifikasi, atau latihan.

Namun, ada juga pebalap yang menderita cedera di luar balapan. Para pebalap biasanya menjaga kondisi fisik sekaligus refreshing dengan menjalani bermacam aktivitas. Namun tak jarang, aktivitas di luar balapan, yang sebetulnya bertujuan menjaga kondisi fisik itu malah mendatangkan cedera.

Hal yang sebetulnya tak mengherankan karena aktivitas yang dilakoni tetap berhubungan dengan kegiatan berisiko seperti motocross, dirt bike, atau bersepeda gunung. Maklum, yang namanya pebalap biasanya tak bisa jauh dari kegiatan yang berhubungan dengan kecepatan.

2 dari 6 halaman

2

1. Marc Marquez

Marc Marquez mengalami cedera patah tulang metacarpal di tangan kiri pada 2015. Juara dunia MotoGP 2013 dan 2014 itu mendapat cedera setelah terjatuh dari sepeda gunung kala berlatih bersama saudaranya, Alex Marquez.

Setelah mengalami kecelakaan, Marc langsung menjalani operasi. Hal tersebut harus cepat dilakukan karena tak sampai sepekan ia sudah harus berlomba di MotoGP Jepang. Dalam kondisi masih pemulihan dari cedera dan pen tertanam di tangan, pebalap berjuluk Baby Alien itu finis di posisi empat di MotoGP Jepang.

3 dari 6 halaman

3

2. Jorge Lorenzo

Musim lalu Jorge Lorenzo juga sempat mengalami cedera akibat latihan di luar balapan. Uniknya, waktu cedera Lorenzo hampir bersamaan dengan Marc Marquez, yaitu menjelang MotoGP Jepang.

Juara dunia 2015 itu terjatuh kala sedang latihan memakai motor mini. Akibat insiden itu, bahu Lorenzo terkilir. Pebalap asal Spanyol itu beruntung lantaran cedera yang dideritanya tak terlalu parah, hanya terkilir ringan. Saat lomba di Motegi, ia finis di peringkat ketiga.

4 dari 6 halaman

4

3. Mark Webber

Mark Webber adalah mantan pebalap F1 yang lama memperkuat tim Red Bull Renault. Untuk menjaga kondisi, Webber kerap bermain sepeda gunung.

Pria asal Australia itu beberapa kali cedera lantaran terjatuh kala musim balap sedang rehat. Webber mendapat cedera pada 2008 karena terjatuh dari sepeda gunung. Tim Red Bull sempat kesal karena pada 2010 Webber kembali mengalami hal serupa.

Bos tim Red Bull, Christian Horner, sempat kesal karena Webber memilih untuk tidak bercerita dan menyembunyikan cedera tersebut.

5 dari 6 halaman

5

4. Jack Miller

Rider tim MotoGP VDS Racing, Jack Miller, harus absen pada tes resmi MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada awal Februari 2016. Penyebabnya, ia terjatuh ketika sedang berlatih motocross di masa jeda jelang musim balap 2016.

Pebalap berusia 21 tahun itu mengalami patah kaki dan harus menjalani masa pemulihan. Ia diperkirakan baru bisa fit lagi dan kembali ke trek di sesi tes kedua pada 17 Februari di Sirkuit Phillip Island, Australia.

6 dari 6 halaman

6

5. Michael Schumacher

Apes. Ungkapan itu yang mungkin pantas dialamatkan buat Michael Schumacher. Sang legenda F1 itu justru menderita cedera ketika sudah pensiun dari arena balap.

Juara dunia F1 tujuh kali itu sedang melakoni hobinya, berski es di pegunungan Alpen, Swiss, pada Desember 2014. Nahas, ia terjatuh dan kepalanya membentur batu. Meski memakai helm, Schumi tetap menderita cedera berat.

Hingga saat ini, Schumi belum sadarkan diri dan masih berjuang untuk hidup. Tak banyak yang bisa diketahui soal kondisi Schumi sekarang, karena pihak keluarga memproteksi informasi apapun terkait kondisinya.

 

Video Populer

Foto Populer