Sukses


Pastor Maldonado Absen di F1 2016, Kevin Magnussen Jadi Pengganti

Bola.com, Jakarta - Tim F1 Lotus mencoret Pastor Maldonado dan menggantikan posisinya dengan Kevin Magnussen guna menghadapi musim balap F1 2016. Maldonado secara resmi memberikan konfirmasi soal pencoretan tersebut.

Baca Juga

“Beberapa hari ini muncul rumor soal masa depan saya di F1. Saya menginformasikan bahwa di F1 musim 2016 saya tak akan berada di starting grid,” kata pebalap asal Venezuela itu seperti dikutip Autosport, Selasa (2/2/2016). 

Maldonado kesulitan mendapatkan sponsor yang bisa memenuhi dana yang diminta tim Lotus. Selama ini Maldonado disokong oleh PDVSA, perusahaan minyak dan gas Venezuela, sebagai sponsor.

Perjanjian antara PDVSA dan Lotus, terkait tempat buat Maldonado, sebetulnya sudah dibuat pada September 2015. Namun perjanjian tersebut batal akibat PDVSA dan Maldonado tak bisa memberikan dana yang diminta Lotus.

“Terima kasih pada Tuhan, keluarga, sponsor, dan fans yang telah mendukung saya selama ini. Sebuah kebanggaan bagi saya, bisa mewakili Venezuela di F1,” lanjut Maldonado.

Maldonado merasakan persaingan di F1 selama lima tahun. Sebelum membalap buat tim Lotus selama musim balap 2014 dan 2015, ia terlebih dulu bergabung dengan tim Williams selama tiga tahun.

Sang pengganti, Kevin Magnussen, bukan sosok yang asing di arena F1. Pebalap asal Denmark itu pernah membalap selama satu musim di tim McLaren Mercedes pada 2014. Pada 2015, Magnussen hanya merasakan satu balapan bersama McLaren Honda ketika ia diminta menggantikan tempat Fernando Alonso yang cedera akibat mengalami kecelakaan.

Dicoretnya Maldonado akibat tak ada sponsor mengingatkan pada nasib Rio Haryanto. Pebalap harapan Indonesia ini sedang menunggu kepastian untuk masuk ke F1.

Rio masih belum bisa memenuhi kebutuhan dana sebesar 15 juta Euro (sekitar Rp 222 miliar) yang diminta tim F1 Manor Marussia. Pebalap asal Solo itu baru memiliki dana sponsor sebesar Rp 100 miliar dari pemerintah dan Rp 77 miliar dari Pertamina.

Dicoretnya Pastor Maldonado oleh tim Lotus karena alasan dana membuat pebalap berusia 30 tahun itu tak memiliki peluang untuk masuk ke tim F1 lain.

 

 

Video Populer

Foto Populer