Sukses


Jumat, Deadline Rio Haryanto Setor Dana kepada Manor

Bola.com, Jakarta - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, benar-benar sedang berpacu dengan waktu untuk mewujudkan impiannya tampil di ajang Formula 1 (F1). Manor dikabarkan memberikan batas waktu penyetoran dana termin pertama, hingga Jumat (5/2/2016).

Dana yang harus dibayarkan Rio kepada tim F1 itu senilai 3,2 juta euro atau senilai Rp 49 miliar. Itu baru uang muka dari total dana senilai 15 juta euro atau setara Rp 229 miliar.

“Katanya memang besok (deadline pembayaran termin pertama). Namun, kami belum mendapat pemberitahuan resmi dari Manor,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Meski batas pembayaran tinggal sehari, dana yang bakal disetorkan kepada Manor belum bisa cair. Padahal sebenarnya Pertamina telah berkomitmen memberikan sponsor senilai 5,2 juta euro (Rp 79 miliar) dan Kemenpora melalui KONI juga mengucurkan dana senilai Rp 100 miliar. Namun, mereka terkendala mekanisme pencairan dananya. Alhasil, Rio belum bisa menyetorkan uang kepada Manor.

“Yang pasti kami terus berusaha, termasuk meyakinkan Menteri Keuangan dan DPR (untuk mencairkan), karena dana yang dibutuhkan tidak sedikit,” ujar Imam.

Situasi ini tentu bukan kabar menggembirakan untuk Rio Haryanto. Kansnya bergabung dengan Manor dan tampil di ajang F1 bisa terancam batal. Padahal sebenarnya pebalap berusia 23 tahun tersebut tinggal sejengkal lagi mencicipi pentas Formula 1.

Namun, ketidakpastian soal pembayaran ini bisa mengancam peluangnya. Apalagi, tim Manor tentu juga berpacu dengan waktu untuk mengumumkan line-up untuk musim 2016. Sesuai jadwal, seluruh tim F1 bakal menjalani tes pramusim resmi perdana pada 22 Februari 2016.

Video Populer

Foto Populer