Sukses


Ketua PBVSI Berharap Voli Punya Bintang seperti Rio Haryanto

Bola.com, Malang - Keberhasilan pebalap Indonesia, Rio Haryanto, tampil di Formula 1 pada musim 2016 tak luput dari perhatian Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia, Imam Soedjarwo.

Imam mengaku bangga dengan prestasi Rio yang mampu membawa nama Indonesia hingga ke tingkat dunia. Dia berharap voli Indonesia bisa memiliki bintang kelas dunia seperti Rio di masa depan.

"Voli pasti bisa menciptakan pemain top yang bisa mewakili Indonesia di level internasional. Kami punya komitmen untuk mewujudkannya," kata Imam dalam wawancara kepada Bola.com setelah membuka Pertamina Proliga 2016 di GOR Ken Arok, Malang, Jawa Timur, Jumat (19/2/2016).

Imam menambahkan untuk mendapatkan pemain hebat diperlukan proses pembinaan yang tepat. Menurut mantan Kepala Korps Brimob Polri itu, langkah awal untuk menemukan talenta terbaik adalah dengan memasyarakatkan voli mulai dari daerah.

"Saat ini sudah bermunculan banyak bibit-bibit unggul yang berasal dari program pembinaan pemain muda yang digalakkan PBVSI. Jika terus dibina dengan baik, saya yakin mereka bisa bersaing di tingkat internasional pada masa depan," ujar Imam.

Imam mengungkapkan pemain muda potensial Indonesia harus terus diasah kemampuannya lewat kompetisi yang kompetitif seperti Proliga. Kompetisi voli kasta tertinggi di Indonesia itu pada 2016 sudah memasuki edisi ke-14 dengan kualitas yang semakin tinggi.

Pemain Jakarta PGN Popsivo, Rita Kurniati, mengembalikan bola saat melawan Jakarta Electrik PLN pada laga perdana Proliga 2016 putaran pertama di GOR Ken Arok, Malang, Jumat (19/2/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Pertamina Proliga 2016 bakal dimeriahkan bintang-bintang kelas dunia, terutama di sektor putri. Pemain asing yang dikontrak sudah memiliki pengalaman tampil di ajang kelas dunia, termasuk Olimpiade, seperti duo Jakarta Pertamina Energy, Marianne Steinbrecher dari Brasil dan Logan Tom asal Amerika Serikat.

"Kami bangga karena mampu mengundang pemain-pemain kelas dunia untuk tampil di Pertamina Proliga 2016. Selain membuat kompetisi semakin menarik, bintang asing itu bisa memberikan transfer ilmu buat para pemain lokal," kata Imam.

Animo Penonton Luar Biasa 

Imam berharap Pertamina Proliga 2016 berjalan sukses sejak seri pertama hingga grand final di Jakarta. "Animo penonton pada seri pertama di Malang sangat luar biasa. Ini menjadi bukti bahwa voli memang masih menjadi oleh raga favorit masyarakat Indonesia setelah sepak bola. Awal yang baik ini menjadi fondasi yang bagus buat seri-seri berikutnya," ujarnya.

Lalu, siapa tim dan pemain yang dijagokan Imam pada Pertamina Proliga 2016?

"Seluruh pemain yang tampil di Proliga itu favorit saya semua. Mereka ini adalah yang terbaik. Kalau tim, saya rasa akan ada persaingan ketat antara Jakarta Pertamina Energy dan Surabaya Samator di putra. Di putri, Jakarta Elektrik PLN mungkin masih dominan. Saya hanya berharap seluruh tim bisa menampilkan permainan terbaik, menarik, dan indah untuk memuaskan penonton. Namun, di sisi lain mereka juga harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas," kata Imam.

Nikmati foto-foto Alaina Bergsma bersama Gresik Petrokimia di sini

Video Populer

Foto Populer