Sukses


Sirkuit F1: Catalunya, Trek Familiar yang Menantang

Bola.com, Barcelona - Formula 1 sudah sangat familiar dengan Sirkuit Barcelona-Catalunya. Selain karena telah menggelar lomba jet darat sejak 1991, sirkuit sepanjang 4,655 km ini juga selalu menjadi tempat tes pramusim dalam beberapa tahun terakhir.

Alasan kenapa penyelenggaran F1 memilih Sirkuit Catalunya menjadi lokasi tes pramusim adalah karena trek ini memiliki berbagai macam tipe tikungan yang berguna untuk menguji aerodinamika mobil.

Meski sudah sering menguji mobil di sirkuit ini, bukan berarti tantangan buat pebalap dan mekanik tim berkurang. Mayoritas karakteristik negatif sirkuit ada di trek ini, mulai dari gabungan tikungan cepat dan lambat sampai permukaan lintasan yang bergelombang dan abrasif.

Pemilihan ban menjadi sangat krusial di sini. Perubahan cuaca dan arah angin yang ekstrem menyulitkan mekanik menemukan setelan mobil terbaik. Dalam latihan bebas, sering kali mobil yang cepat pada pagi hari tiba-tiba jadi tak kompetitif pada sore hari. Padahal setelan mobil tak mengalami perubahan.

Sirkuit ini tak banyak menyediakan tempat untuk menyalip. Salah satu kesempatan langka tersebut ada di tikungan pertama selepas lintasan lurus utama trek yang dikenal dengan tikungan Elf.

Namun, tempat yang paling krusial bagi pebalap adalah sektor lap terakhir sirkuit. Di sana ada kombinasi tikungan lambat dan cepat.

Tata letak Sirkuit Catalunya. (formula1.com)

Performa mobil dalam melahap tikungan lambat di sektor ini menjadi indikator pas buat mengetahui seberapa bagus mobil untuk seri berikut di Monako.

Sementara dua tikungan terakhir sirkuit yang bertipe cepat sangat krusial untuk memaksimalkan kecepatan mobil menuju trek lurus start-finis guna mencuri kesempatan menyalip lawan di tikungan Elf.

Secara tradisional, setiap tim biasanya membawa update terbaru mobil di Catalunya setelah melakukan pengembangan selama 12 pekan di terowongan angin.

Musim 2016 akan menandai edisi ke-26 Grand Prix Spanyol di Sirkuit Catalunya. Michael Schumacher menjadi pebalap tersukses di Barcelona dengan total enam kemenangan. Nico Rosberg, Kimi Raikkonen, Fernando Alonso, Sebastian Vettel, Lewis Hamilton, Jenson Button, dan Felipe Massa juga sudah pernah naik podium utama di sini.

Data dan Fakta Sirkuit Catalunya:

Nama: Circuit de Barcelona-Catalunya
Lokasi: Montmelo, Barcelona, Catalunya, Spanyol
Panjang: 4,655 km
Jumlah lap: 66 lap
Jarak lomba: 307,104 km
Jumlah tikungan: 16 tikungan
Juara musim 2015: Nico Rosberg
Rekor lap (2008): Kimi Raikkonen (1 menit 21,670 detik)

Video Populer

Foto Populer