Sukses


Rebut Pole MotoGP Qatar, Lorenzo Cetak Rekor Lewati Rossi

Bola.com, Losail - Jorge Lorenzo menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (20/3/2016) dini hari WIB. Pebalap Yamaha itu tak cuma berhak start terdepan saat lomba, tapi juga menorehkan rekor pole position baru.

Lorenzo membukukan waktu putaran terbaik 1 menit 54,543 detik. Sang juara dunia bertahan asal Spanyol itu unggul 0,091 detik atas pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

"Saya sangat senang memulai kejuaraan dengan baik dan merebut pole position," kata Lorenzo seperti dilansir Cycle News.

Pole position di Qatar merupakan yang ke-62 buat Lorenzo sepanjang karier di lomba balap motor grand prix. Dia meraih 3 pole di kelas 125cc, 23 pole di kelas 250cc, dan 36 pole di MotoGP.

Menurut situs motogp.com, catatan tersebut membuat Lorenzo membuat rekor baru dengan memuncaki daftar peraih pole terbanyak sepanjang sejarah. Tiga kali juara dunia MotoGP itu melewati pencapaian rekan setimnya, Valentino Rossi, yang mengoleksi 61 pole.

"Tentu saja saya senang menjadi pebalap dengan pole position terbanyak sepanjang sejarah. Kelihatannya mudah, tapi sebenarnya sangat sulit meraih pencapaian ini setelah bertahun-tahun berkompetisi di level tertinggi. Sangat bagus bisa start terdepan dan kami akan merayakan pencapaian ini," ujar Lorenzo.

Meski mencetak rekor pole dan start terdepan, Lorenzo tak mau jemawa. Dia tetap fokus untuk lomba karena selisih waktu antarpebalap saat kualifikasi sangat kecil.

"Saya hampir jatuh saat mencoba ban kedua. Sepertinya ban belum cukup panas. Gripnya berbeda sehingga saya kurang percaya diri. Saya masuk tikungan terlalu cepat dan kehilangan kontrol bagian belakang motor. Beruntung saya bisa mempertahankan pole position dengan ban pertama. Kondisi saat lomba belum tentu sama, tapi minimal kami ada di depan," tutur Lorenzo.

Lomba MotoGP Qatar di Sirkuit Losail akan digelar pada malam hari waktu setempat atau Senin (21/3/2016) dini hari pukul 01.00 WIB. Rekan setim Jorge Lorenzo sekaligus pemenang GP Qatar musim lalu, Valentino Rossi, start dari baris kedua di posisi kelima.

10 besar pebalap dengan pole terbanyak

1. Jorge Lorenzo (Spanyol) 62 pole
2. Valentino Rossi (Italia) 61 pole
3. Marc Marquez (Spanyol) 58 pole
4. Mick Doohan (Australia) 58 pole
5. Max Biaggi (Italia) 56 pole
6. Dani Pedrosa (Spanyol) 46 pole
7. Casey Stoner (Australia) 43 pole
8. Jorge Martinez (Spanyol) 42 pole
9. Loris Capirossi (Italia) 41 pole
10.Eugenio Lazzarini (Italia) 35 pole

Video Populer

Foto Populer