Sukses


Eksklusif dari Melbourne: Ini Kerusakan yang Dialami Mobil Rio

Bola.com, Melbourne - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, gagal merampungkan balapan perdana F1 2016 di GP Australia, Minggu (20/3/2016), akibat kerusakan mobil. Menurutnya, kerusakan itu benar-benar baru ketahuan saat seluruh pebalap, termasuk dirinya, masuk pitlane akibat kecelakaan yang dialami Fernando Alonso (McLaren) dan Esteban Gutierrez (Haas) pada lap ke-18.

Saat ditemui di hotelnya seusai balapan, Rio mengaku tidak merasakan ada masalah saat memacu mobil di lintasan. Mobil MRT05 miliknya masih melaju seperti biasanya.

"Jadi seperti tidak ada masalah apapun. Kemudian setelah keluar red flag dan seluruh pebalap masuk ke garasi, baru ketahuan ada masalah. Ketika keluar dari mobil, saya melihat banyak oli berceceran di bagian belakang mobil," kata Rio.

Sebelumnya, kerusakan pada mobil Rio sempat simpang siur. Twitter Manor menyebut kerusakan terjadi pada driveline MRT05 milik Rio. Namun, sedangkan sang manajer, Piers Hunnisett mengatakan masalah terjadi pada girboks.

Setelah kerusakan tersebut dicek teknisi Manor Racing barulah diketahui masalah sebenarnya. Setelah beberapa saat, akhirnya Rio harus menerima kabar pahit. Engineer Manor mengatakan mobil Rio tak mungkin untuk dipakai melanjutkan balapan karena kerusakan teknis.

"Ada masalah di as roda belakang. Kata engineer kerusakan teknis ini tak bisa diperbaiki saat itu. Jadi saya tidak bisa melanjutkan balapan," imbuh dia.

Pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu menyatakan keputusan tak melanjutkan balapan diambil dengan cepat. Jika ngotot melanjutkan balapan, kerusakan yang terjadi bakal lebih parah dan akhirnya mobil juga bakal berhenti karena rusak.

Menurut Rio, itu adalah keputusan yang tepat dan masuk akal. "Tidak ada gunanya untuk melanjutkan balapan. Jadi keputusan itu memang tepat," tegas Rio.

Kerusakan mobil sudah tiga kali dialami Rio sejak bergabung dengan Manor Racing. Dua kerusakan pertama terjadi saat tes pramusim kedua F1 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, awal bulan ini. Namun, Rio menegaskan tiga kerusakan itu sama sekali tak berhubungan.

"Problem seperti ini bisa terjadi pada semua pebalap," ujar putra pasangan Indah Pennywati dan Sinyo Haryanto itu.

Hal serupa juga diungkapkan manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett. Menurutnya kerusakan mobil pada hari tak berhubungan dengan masalah teknis yang menimpa Rio di Barcelona. "Itu masalah yang nanti bisa mudah diperbaiki," ujar Piers.

 

Video Populer

Foto Populer