Sukses


Eksklusif dari Melbourne: Heboh, Fans Rio Haryanto dari Indonesia

Bola.com, Melbourne - Balapan perdana Formula 1 (F1) 2016 pada GP Australia di Sirkuit Albert Park, Minggu (20/3/2016), jadi magnet besar bagi fans asal Indonesia. Kehadiran pebalap Manor Racing asal Tanah Air, Rio Haryanto, membuat warga negara Indonesia di Australia berbondong-bondong nonton langsung ke Albert Park untuk memberi dukungan.

Sebagian besar fans yang datang ke Albert Park adalah WNI yang sedang bekerja atau kuliah di Negeri Kanguru tersebut. Ada yang hanya menonton balapan pada hari Minggu, namun ada juga yang membeli tiket sesi latihan bebas supaya bisa memburu foto bersama atau tanda tangan Rio Haryanto di fan zone.

Supaya all out dalam memberikan dukungan, mereka membawa atribut seperti baju merah hingga bendera Merah Putih untuk dikibar-kibarkan di sirkuit. Antusiasme tampak tergambar di wajah mereka. Kesempatan untuk menjadi saksi momen bersejarah bagi Indonesia itu tak mau dilewatkan begitu saja.

Seperti yang diungkapkan Piping dan Arief, dua WNI yang sedang menuntut ilmu di Australia. Mereka mengaku ini adalah momen pertama menonton langsung F1 di sirkuit. Rio Haryanto menjadi alasan utama mereka mau merogoh kocek senilai 99 dollar Australia atau sekitar Rp 1 juta.

“Seru sekali nonton balapan tadi. Menarik. Alasan ke sini memang untuk mendukung Rio Haryanto. Tadi pagi masih kuliah dulu, terus baru ke sini. Senang sekali bisa nonton Rio langsung di lintasan,” ujar Arief usai lomba F1 GP Australia selesai.

Meski kecewa Rio gagal finis akibat kerusakan mobil, mereka tetap memberikan semangat kepada pebalap berusia 23 tahun tersebut. “Tidak apa-apa. Semoga pada balapan berikutnya bisa lebih baik hasilnya,” ujar Piping.

Memutuskan nonton F1 untuk kali pertama untuk juga dilakukan pria asal Indonesia, Aji, yang membawa serta putri kecilnya datang ke Albert Park. Dia mengaku antusias karena ingin menonton aksi pebalap Tanah Air, Rio Haryanto.

“Ini cuma sama anak saya. Kalau istri saya beli tiket saat hari Kamis (17/3/2016). Dia berhasil berfoto bersama Rio Haryanto di area fan zone,” kata Aji.

Fans Rio Haryanto di F1 GP Australia 2016 (Bola.com/Yus Mei Sawitri)

Saat balapan selesai dan fans boleh masuk ke trek, para fans Rio asal Indonesia berbondong-bondong menuju depan paddock Rio. Meski terhalang pagar pembatas sirkuit, tulisan “Rio Haryanto” di paddock dijadikan latar untuk berfoto bersama. Mereka juga berfoto dengan latar belakang keramaian sirkuit akibat invasi fans.

Ada satu rombongan fans yang menarik perhatian karena semuanya mengenakan baju berwarna merah putih. Mereka juga membawa bendera Merah Putih ukuran besar. Fans-fans lain sebagian besar juga membawa bendera Merah Putih, baik yang berukuran kecil maupun besar.

Sementara itu, Rio Haryanto mengaku gembira dengan dukungan besar para fans asal Indonesia. Support tersebut membuatnya termotivasi menjalani balapan di Australia maupun seri selanjutnya.

“Tadi sangat banyak pendukung Indonesia. Saat parade pebalap dengan mobil vintage mengelilingi lintasan menjelang balapan, hampir di setiap tikungan saya melihat ada orang Indonesia dan bendera Merah Putih dikibar-kibarkan, untuk memberikan semangat. Saya sangat senang. Terima kasih atas dukungannya,” kata Rio.

Rio Haryanto akan kembali tampil dalam lanjutan F1 2016 di sirkuit Sakhir, Bahrain, Minggu (3/4/2016).

 

 

Video Populer

Foto Populer