Sukses


Program Jr. NBA Indonesia jadi Ajang Asah Teknik dan Mental

Bola.com, Jakarta - Lebih dari 500 pebasket muda Indonesia mengikuti acara puncak program Jr. NBA Indonesia 2016, Minggu (20/3/2016), di Cilandak Sports Center, Jakarta Selatan. Kegiatan coaching clinic berlangsung meriah, karena tak hanya teknik dasar basket,peserta juga mendapat bekal terkait mental, kerja sama tim dan etika di lapangan pertandingan.

Pelatihan mendapat pengawasan langsung dari Pelatih Kepala Jr. NBA Indonesia, Christofer Sumner. Menurutnya, Indonesia harus bangga karena memiliki banyak potensi pebasket andal. "Hal terpenting tak hanya teknik. Dalam basket juga ada nilai etika, kerja sama dan komunikasi, serta mental," tegasnya.

Program Jr. NBA Indonesia 2016 menjadi yang ketiga kalinya di Indonesia. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan basket dan gaya hidup aktif bagi anak-anak dan remaja. Secara khusus, program tahun ini memiliki hal baru, yakni kesempatan bagi pemain putri untuk dipilih masuk ke tim All-Stars. "Ada lima pemain untuk putri, dan ini kesempatn besar bagi mereka," imbuh Sumner.

Program ini berlangsung pada empat tahap. Pertama, acara tersebut dibuka dengan Coaches Clinic yang diperuntukkan bagi guru olahraga pada Sabtu (19/3/2016). Lalu, dilanjutkan dengan pelatihan terbuka bagi anak-anak, yang selesai kemarin.

Acara open clinic alias pelatihan terbuka diikuti lebih dari 500 anak muda dari rentang usia 6-14 tahun. Acara yang dimulai pada pukul 9.00 WIB, memberikan berbagai pelatihan dasar kepada mereka.

Para peserta mendapatkan teknik melompat, tes ketahanan fisik, dribel dan merebut bola, serta melihat lalu menentukan posisi yang baik ketika berada di lapangan. Mereka juga menerima cara bagaimana berkomunikasi di lapangan dengan rekan setim.

Tak hanya itu, pada sesi berikutnya, para peserta juga mendapatkan tutorial bagaimana langkah yang benar saat lay-up, posisi badan dan tangan saat bertahan, lalu pergerakan efektif, sampai adu cepat dalam memainkan dribel yang dikombinasikan dengan tembakan ke jaring.

Usai mendapat pelatihan, peserta bisa mengikuti NBA Selection Camp yang akan bergulir pada 20-21 Agustus 2016. Pada kegiatan tersebut, akan dipilih 40 anak laki-laki dan 24 anak perempuan dari rentang usia 10-14 tahun untuk mengikuti National Training Camp Jr. NBA Indonesia di Jakarta pada 26-28 Agustus 2016.

Puncaknya, akan dipilih 10 anak laki-laki dan lima anak perempuan berbakat yang nantinya akan dikenal sebagai Jr. NBA Indonesia 2016 All-Stars. Anak-anak terpilih ini akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman unik bersama NBA di luar negeri.

Satu di antara yang paling menjadi magnet adalah bertemu dengan teman-teman Jr. NBA All-Stars dari negara-negara Asia Tenggara lainnya pada akhir tahun ini. "Saat itu, mereka juga akan mendapatkan pengalaman berlatih dengan bintang-bintang ternama dari NBA," ungkap Stephanie Sicilia, perwakilan Jr. NBA Indonesia.

Video Populer

Foto Populer