Sukses


Piala Thomas-Uber 2016: Indonesia Waspadai India dan Thailand

Bola.com, Jakarta - Indonesia mewaspadai India dan Thailand pada fase grup putaran final Piala Thomas dan Uber 2016. PBSI menganggap kedua negara tersebut punya potensi menjegal Tim Merah-Putih untuk menjadi juara grup.

Berdasarkan hasil undian yang dilakukan pada Senin (21/3/2016), tim Piala Thomas Indonesia tergabung di Grup B bersama India, Thailand, dan Hong Kong. Sementara itu, tim Piala Uber masuk Grup C bareng Thailand, Bulgaria, dan Hong Kong.

Hanya dua tim terbaik dari setiap grup yang berhak lolos ke babak perempat final. Pada babak delapan besar, akan diadakan pengundian ulang untuk menentukan lawan. Juara grup akan bertemu dengan runner-up grup.

Karena itu, tim Piala Thomas dan Uber Indonesia harus menjadi juara grup agar terhindar dari tim unggulan pada babak delapan besar.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rexy Mainaky, optimistis Indonesia mampu menjadi juara grup. Namun, dia menolak meremehkan lawan.

Pada fase grup Piala Thomas, Rexy Mainaky menunjuk India sebagai pesaing utama Indonesia. Kiprah India pada Kualifikasi Piala Thomas 2016 menjadi alasan Indonesia tak boleh memandang mereka dengan sebelah mata.

Kala itu, India membuat kejutan dengan mengalahkan tim kuat China. Meski China tak menurunkan kekuatan penuh, prestasi India tetap patut diapresiasi mengingat penghuni skuat pelapis Negeri Tirai Bambu juga bukan pemain kacangan.

"India kuat di sektor tunggal. Namun, kami pernah mengalahkan mereka di babak penyisihan kualifikasi Piala Thomas. Untuk sektor ganda, kami masih lebih unggul dibanding negara lain di Grup B. Tinggal bagaimana nanti kami mengatur strategi untuk mencuri poin dari nomor tunggal," kata Rexy.

Untuk Piala Uber, Indonesia memang tak satu grup dengan tiga tim kuat, yaitu China, Korea Selatan, dan Jepang. Namun, Thailand juga tak mudah dikalahkan karena Negeri Gajah Putih sangat kuat di sektor tunggal.

"Thailand akan menjadi lawan kuat. Namun, kami berpeluang besar mengalahkan Bulgaria dan Hong Kong," ujar Rexy.

Putaran final Piala Thomas dan Uber 2016 akan digelar di Kunshan, China, 15-22 Mei. Indonesia terakhir kali menjadi juara Piala Thomas pada 2002, sedangkan Piala Uber lebih lama lagi, yakni 1996.

Video Populer

Foto Populer