Sukses


3 Tim Raksasa Asia Pastikan Ikut Tour de Banyuwangi Ijen 2016

Bola.com, Jakarta - Lomba balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 akan digelar pada 11-14 Mei 2016. Pihak panitia menargetkan 20 tim luar negeri bakal ambil bagian dalam penyelenggaraan tahun kelima ajang ini.

Sampai saat ini, tim luar negeri yang sudah memastikan hadir di ITdBI 2016 berjumlah 12. Beberapa tim papan atas yang akan datang antara lain Pishgamant Giant Team, Skydive Dubai Al Ahli, dan Tabriz Shadari Team. Ketiga tim tersebut merupakan penguasa ranking tiga besar Asia.

"Ada pula tim Eropa seperti tim nasional San Marino dan tim nasional Republik Irlandia. Pebalap dari Benua Amerika juga dipastikan hadir," kata Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, dalam jumpa pers launching ITdBI 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (28/3/2016).

ITdBI 2016 akan menggelar empat etape sepanjang 267 km. Para pebalap akan menempuh rute dengan melintasi berbagai destinasi wisata, mulai dari pantai, perkebunan, sentra pertanian, city tour, hingga kaki Gunung Ijen.

"Penyelenggaraan ITdBI tahun ini aroma kepariwisataannya semakin kuat karena kami ingin memperkenalkan dua destinasi wisata baru, yaitu Waduk Sidodadi di Glenmore dan Pantai Grand New Watu Dodol di Kalipuro," ujar Abdullah Azwar Anas.

Menpar Arief Yahya menyambut baik penyelenggaraan ITdBI 2016. Maklum, ajang sport tourism seperti ITdBI yang bertujuan mempromosikan pariwisata Banyuwangi, sangat mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia Kemenpar.

"Penyelenggaraan sport tourism bertaraf internasional akan memberikan dampak langsung kepada masyarakat dan memiliki nilai media yang tinggi. Ajang ITdBI sudah terbukti mampu mendongkrak pariwisata Banyuwangi sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sana," kata Menpar Arief Yahya.

Banyuwangi memang rutin menggelar rangkaian ajang sport tourism setiap tahun. Selain ITdBI, ada pula event BMX International (2-3 April), Festival Arung Jeram (16-17 April), Underwater Festival (21-22 Mei), Wind Surfing Competition (20-21 Agustus), dan International Run (9 Oktober).

Lomba balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) telah masuk agenda rutin dalam kalender Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI). ITdBI mendapatkan peringkat excellent dari UCI dan ditetapkan sebagai lomba balap sepeda terbaik di Indonesia. Tahun ini, ITdBI menyediakan hadiah total senilai 1,5 miliar rupiah.

Video Populer

Foto Populer