Sukses


F1 GP China: Alonso Dinyatakan Fit, tapi Harus Tes Lagi

Bola.com, Shanghai - Pebalap McLaren-Honda, Fernando Alonso, untuk sementara dinyatakan fit oleh tim medis FIA (Federasi Otomotif Internasional) buat ambil bagian dalam balapan F1 GP China pada akhir pekan ini.

Alonso menjalani tes medis di medical centre Sirkuit Internasional Shanghai pada Kamis (14/4/2016). Hasilnya, pebalap asal Spanyol itu mendapat lampu hijau untuk ambil bagian dalam sesi latihan bebas pertama (FP1) pada Jumat (15/4/2016).

Namun, Alonso belum tentu bisa ikut lomba. Dua kali juara dunia lomba jet darat itu mesti menjalani tes medis lanjutan setelah FP1 untuk menentukan apakah bisa tampil di sisa race weekend atau tidak.

Alonso terpaksa hanya menjadi penonton pada F1 GP Bahrain, 3 April, dengan alasan kesehatan. Dia gagal tes medis dan dianggap kurang fit buat beraksi di trek oleh tim medis FIA menyusul kecelakaan hebat pada balapan F1 GP Australia, 20 Maret. Berdasarkan hasil tes, Alonso diketahui mengalami retak tulang rusuk.

Posisi Alonso di Bahrain digantikan oleh Stoffel Vandoorne. Juara GP2 Series 2015 itu tampil impresif pada balapan debut di F1 dengan finis di posisi ke-10 sekaligus memberikan poin pertama buat McLaren pada musim 2016. McLaren tetap menyiapkan Vandoorne sebagai langkah antisipasi jika Alonso kembali tak bisa tampil di Shanghai.

Sebelum menjalani tes di Shanghai, Alonso mengatakan kepada media bahwa dirinya secara fisik merasa sudah 100 persen fit.

"Kondisi saya sudah meningkat pesat sejak Bahrain. Saya berlatih secara normal dan tidur dengan nyenyak dalam dua pekan terakhir. Kini saya sudah merasa baik-baik saja. Namun, saya harus mencoba beberapa lap dulu sebelum mengetahui apakah saya benar-benar fit atau tidak," kata Fernando Alonso seperti dilansir Autosport.

Video Populer

Foto Populer