Sukses


Potensi Terbaik Rio Haryanto Dihambat Blunder Manor Racing

Bola.com, Sochi - Duo Manor Racing, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein, bisa saja meraih hasil yang lebih bagus dalam tiga balapan awal F1 2016. Namun, skenario tersebut tak terjadi lantaran Manor salah mengambil keputusan. Hal tersebut dikatakan Racing Director Manor Racing, Dave Ryan.

Setelah memulai musim secara kurang meyakinkan di Australia, Manor Racing tampil kompetitif di Bahrain. Di Sakhir, Wehrlein finis di posisi ke-13 dan Rio ke-17.

Performa Manor pada seri ketiga di China juga oke. Wehrlein mengakhiri balapan di depan mobil Sauber, Haas, dan Renault, sedangkan Rio mengalahkan Jolyon Palmer (Renault). Akan tetapi, Wehrlein dan Rio masing-masing cuma finis di posisi ke-18 dan ke-21.

Dave Ryan menyebut Wehrlein dan Rio punya kans finis lebih baik di Shanghai andai Manor Racing tak salah mengambil keputusan. Menurut Ryan, salah strategi menjadi penyebab utama Manor Racing sulit bersaing di papan tengah pada tiga balapan awal musim ini.

"Beberapa keputusan yang kami buat seperti di China harus diakui layak dipertanyakan. Sebagian bahkan seharusnya tak kami lakukan. Kami harus memperbaiki hal tersebut agar potensi terbaik Pascal dan Rio serta tim ini bisa keluar," kata Ryan seperti dilansir F1i.com, Rabu (26/4/2016). 

Satu hal lain yang menurut Ryan mesti ditingkatkan oleh Manor agar bisa konsisten bertarung dengan Renault dan Sauber di papan tengah adalah performa pada kualifikasi. Sejauh ini, hasil kualifikasi terbaik Wehrlein adalah di posisi ke-16 di Bahrain, sedangkan Rio ke-20 di China.

"Kami belum selevel Renault dan Sauber, tapi saya yakin kami punya potensi untuk melakukannya. Semua tergantung posisi start. Lihat saja di Bahrain. Saat posisi start kami bagus, kami bisa bersaing dengan mereka sepanjang lomba," ujar Ryan.

"Jadi, kami harus belajar untuk meraih hasil yang lebih baik pada kualifikasi. Dua pebalap kami (Pascal Wehrlein dan Rio Haryanto) punya kemampuan untuk melakukannya. Kami hanya perlu bekerja keras untuk mengeluarkan potensi terbaik mobil," kata Dave Ryan.

Sementara itu, problem kesulitan dana masih membayangi Rio Haryanto jelang balapan GP Rusia ini. Dia harus segera melunasi sisa pembayaran senilai 7 juta euro ke Manor untuk membalap semusim penuh. Manajemen masih mengusahakan dana dari sponsor, serta berharap pada bantuan donasi melalui SMS.

"Kami berharap bantuan masyarakat melalui SMS donasi. Caranya ketik 'Rio' kirim ke 7788. Semoga itu bisa membantu," kata Indah Pennywati. 

 

Video Populer

Foto Populer