Sukses


Kejuaraan Asia 2016: Tontowi / Liliyana Gagal Pertahankan Gelar

Bola.com, Wuhan - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, gagal meraih gelar juara pada Kejuaraan Asia Bulutangkis 2016. Tontowi/Liliyana menyerah kepada pasangan China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, pada laga final, Minggu (1/5/2016).

Pada partai puncak yang digelar di Wuhan Sports Center Gymnasium, Wuhan, China, Tontowi/Liliyana kalah dari Zhang/Zhao dalam laga tiga gim 21-16, 9-21, 17-21.

Tontowi/Liliyana sebenarnya memulai laga dengan baik. Unggulan kedua itu selalu unggul sejak awal hingga gim pertama berakhir.

Tontowi/Liliyana juga mengawali gim kedua dengan baik. Bahkan, mereka seolah bakal menutup laga dengan gemilang. Namun, usai Zhang/Zhao menyamakan skor dan berbalik unggul, Tontowi/Liliyana tak mampu mengejar hingga kalah telak dengan selisih 12 poin.

Gim ketiga berjalan sengit. Kedua pasangan berbagi skor hingga kedudukan 5-5. Setelah itu, Tontowi/Liliyana selalu tertinggal. Tontowi/Liliyana sempat beberapa kali memperkecil jarak, tapi Zhang/Zhao selalu mampu menjauh kembali hingga menutup laga dengan kemenangan setelah berduel selama 61 menit.

Dengan hasil ini, Tontowi/Liliyana dipastikan gagal mempertahankan gelar juara Kejuaraan Asia yang direbut pada 2015. Indonesia juga pulang tanpa gelar. Tim Merah-Putih cuma kebagian perak dan perunggu dari ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Di sisi lain, Zhang Nan/Zhao Yunlei merebut titel Kejuaraan Asia ketiga setelah 2011 dan 2012. Pasangan ranking 1 BWF itu juga semakin menegaskan dominasi atas Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dengan rekor kemenangan 13-5. Mereka tak terkalahkan dalam delapan pertemuan terakhir termasuk pada Kejuaraan Asia Bulutangkis 2016.

Video Populer

Foto Populer