Sukses


Final Kejuaraan Asia: Tontowi / Liliyana Siap Pertahankan Gelar

Bola.com, Wuhan - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, lolos ke final Kejuaraan Asia Bulutangkis 2016 di Wuhan, China. Unggulan kedua itu siap mempertahankan gelar yang diraih pada tahun lalu.

Tontowi/Liliyana melaju ke partai puncak setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan, Shin Baek-cheol/Chae Yoo-jung, pada semifinal, Sabtu (30/4/2016). Pasangan ranking 2 BWF itu secara meyakinkan menang dua gim langsung selama 35 menit dengan skor 21-16, 21-13.

Tontowi/Liliyana pun semakin dekat dengan titel kedua secara beruntun pada ajang Kejuaraan Asia Bulutangkis. Pada 2015, Owi/Butet, sapaan akrab Tontowi/Liliyana, menjadi kampiun setelah menaklukkan pasangan Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah dari Hong Kong dengan skor 21-16, 21-15.

Namun, usaha Owi/Butet buat meraih predikat nomor satu tak mudah. Pada laga final, ganda campuran terbaik Indonesia itu mesti menghadapi sang musuh bebuyutan yang merupakan jagoan tuan rumah sekaligus unggulan pertama, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Laga nanti bakal menjadi duel ke-18 antara kedua pasangan. Sejauh ini, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir masih tertinggal 5-12 dalam rekor pertemuan dengan Zhang/Zhao.

Owi/Butet dipastikan harus bekerja ekstra keras karena tak pernah menang dalam tujuh pertemuan terakhir melawan Zhang/Zhao. Pada duel terakhir dalam ajang Korea Terbuka 2015, Owi/Butet menyerah 16-21, 15-21. Kemenangan terakhir Owi/Butet atas Zhang/Zhao terjadi dua tahun silam pada All England 2014.

"Dalam beberapa pertemuan terakhir sebenarnya skor kami selalu ketat. Kami cuma kurang tenang. Hal ini yang harus kami antisipasi untuk laga nanti. Kami harus tetap konsisten saat sudah unggul sampai poin 21. Kalau belum 21, kami belum menang," kata Liliyana Natsir dalam rilis PBSI yang diterima Bola.com.

"Kami harus tenang dan lebih fokus lagi. Selain itu, kami juga harus mempersiapkan kondisi fisik," ujar Tontowi Ahmad.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi satu-satunya harapan Indonesia untuk meraih gelar pada Kejuaraan Asia Bulutangkis 2016. Tim Merah-Putih punya kans mengirim dua wakil ke final. Akan tetapi, ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Mahewsari terhenti di semifinal.

Jadwal Final Kejuaraan Asia Bulutangkis 2016

Ganda Campuran: Zhang Nan/Zhao Yunlei (China/Unggulan 1) vs Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Indonesia/2)
Tunggal Putra: Chen Long (China/1) vs Lee Chong Wei (Malaysia/3)
Tunggal Putri: Li Xuerui (China/1) vs Wang Yihan (China/6)
Ganda Putri: Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang/1) vs Naoko Fukuman/Kurumi Yonao (Jepang)
Ganda Putra: Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong (Korea Selatan/1) vs Li Junhui/Liu Yuchen (China)

Video Populer

Foto Populer