Sukses


F1 GP Rusia: Rosberg Cetak Grand Slam, Rio Gagal Finis

Bola.com, Sochi - Nico Rosberg tampil luar biasa pada balapan F1 GP Rusia, Minggu (1/5/2016). Pebalap Mercedes itu menjadi juara dengan mendominasi lomba di Sochi Autodrom sejak start sampai finis. Nasib apes dialami Rio Haryanto karena kembali gagal finis.

Start dari pole position, Rosberg langsung melesat dan tak pernah tersentuh pebalap lain. Pebalap asal Jerman itu menjadi yang pertama menyentuh garis finis dengan catatan waktu 1 jam, 32 menit, 41,997 detik.

Rekan Rosberg, Lewis Hamilton, yang start dari posisi ke-10 mampu finis kedua dengan selisih 25,022 detik. Ini merupakan finis 1-2 ke-30 Mercedes di F1.

Bagi Rosberg, ini merupakan kemenangan keempat pada musim ini dan ketujuh secara beruntun. Dia menyamai rekor kemenangan beruntun milik Alberto Ascari dan Michael Schumacher.

Rosberg juga untuk pertama kali mencetak grand slam dengan merebut pole position, mencetak fastest lap, memimpin setiap lap, dan memenangi lomba. Rosberg membuat rekor lap Sirkuit Sochi pada lap ke-38 dengan catatan waktu 1 menit 39,616 detik.

Podium dilengkapi pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, yang finis ketiga. Pebalap asal Finlandia itu mempersembahkan podium ke-700 Tim Kuda Jingkrak sepanjang sejarah di lomba jet darat.

Duo Williams, Valtteri Bottas dan Felipe Massa, menempati posisi keempat dan kelima. McLaren mendapat hasil bagus karena kedua pebalapnya sukses meraih poin. Fernando Alonso finis di posisi keenam dan Jenson Button di peringkat ke-10.

Posisi 10 besar dilengkapi Kevin Magnussen (Renault), Romain Grosjean (Haas), dan Sergio Perez (Force India) yang masing-masing finis di posisi ketujuh, kedelapan, dan kesembilan.

Sementara itu, Rio tak dinaungi keberuntungan. Pebalap Manor Racing itu gagal finis untuk kedua kali setelah tertabrak Nico Hulkenberg (Force India) yang melintir pada tikungan kedua lap pertama. Hulkenberg melintir karena disenggol pebalap Haas, Esteban Gutierrez. Rekan Rio, Pascal Wehrlein, finis di posisi ke-18.

Selain Rio dan Hulkenberg, Sebastian Vettel (Ferrari) dan Max Verstappen (Toro Rosso) juga tak menyelesaikan lomba. Vettel dua kali ditabrak dari belakang oleh Daniil Kvyat (Red Bull) pada tikungan kedua dan ketiga sehingga menabrak dinding pembatas trek.  Ini merupalkan insiden kedua secara beruntun yang melibatkan Vettel dan Kvyat setelah F1 GP China. Sementara Verstappen hanya melahap 34 lap karena mobilnya mengalami masalah mesin.

Kvyat dan Gutierrez akhirnya mendapat hukuman penalti stop and go selama 10 detik di pit karena dianggap bersalah menjadi pemicu dua insiden pada lap pembuka. Hukuman tambahan berupa poin penalti pada superlicence juga diberikan kepada Kvyat (3) dan Gutierrez (2). Kyvat saat ini sudah mengantongi 5 poin penalti. Seorang pebalap akan terkena larangan membalap sekali jika dia sudah mengoleksi 12 poin penalti.

Kemenangan pada F1 GP Rusia semakin memantapkan Nico Rosberg di puncak klasemen sementara F1 2016. Dia mengoleksi poin sempurna 100 dari empat balapan dan unggul 43 poin atas Hamilton. Rio Haryanto masih belum mendapat poin sama seperti lima pebalap lain.

Hasil Lomba F1 GP Rusia (53 Lap)

Pebalap-Mobil-Catatan Waktu (Selisih)

1. Nico Rosberg (Mercedes) 1 jam 32 menit 41,996 detik
2. Lewis Hamilton (Mercedes) +25,022 detik
3. Kimi Raikkonen (Ferrari) +31,998 detik
4. Valtteri Bottas (Williams) +50,217 detik
5. Felipe Massa (Williams) +1 menit 14,427 detik
6. Fernando Alonso (McLaren) +1 lap
7. Kevin Magnussen (Renault) +1 lap
8. Romain Grosjean (Haas) +1 lap
9. Sergio Perez (Force India) +1 lap
10. Jenson Button (McLaren) +1 lap
11. Daniel Ricciardo (Red Bull) +1 lap
12. Carlos Sainz Jr. (Toro Rosso) +1 lap
13. Jolyon Palmer (Renault) +1 lap
14. Marcus Ericsson (Sauber) +1 lap
15. Daniil Kvyat (Red Bull) +1 lap
16. Felipe Nasr (Sauber) +1 lap
17. Esteban Gutierrez (Haas) +1 lap
18. Pascal Wehrlein (Manor Racing) +1 lap

Gagal finis

Max Verstappen (Toro Rosso) 34 Lap
Sebastian Vettel (Ferrari) 0 Lap
Nico Hulkenberg (Force India) 0 Lap
Rio Haryanto (Manor Racing) 0 Lap

Video Populer

Foto Populer