Sukses


F1 GP Rusia: Rio Kesulitan pada Kualifikasi, Ini Kata Manor

Bola.com, Sochi - Dua pebalap Manor Racing, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein, mengalami kesulitan pada sesi kualifikasi F1 GP Rusia. Racing Director Manor Racing, Dave Ryan, menyebut faktor penurunan suhu sebagai penghalang Rio dan Wehrlein untuk meraih hasil terbaik.

Sesi kualifikasi yang digelar di Sochi Autodrom, Sabtu (30/4/2016), berlangsung pada sore hari yakni pukul 15.00 waktu setempat. Suhu di sirkuit pun lebih sejuk dibandingkan saat sesi latihan bebas ketiga (FP3) yang berlangsung pada jam 12.00 waktu setempat.

Berdasarkan data dari akun twitter tim Mercedes @MercedesAMGF1, temperatur trek dan udara saat kualifikasi adalah 30 dan 16 derajat celcius. Suhu trek pada kualifikasi lebih rendah dua derajat celcius dibanding saat FP3.

Dengan suhu trek yang rendah, Rio dan Wehrlein kesulitan mendapatkan grip ban sempurna. Keduanya pun tak bisa mengeluarkan potensi terbaik pada sesi kualifikasi. Rio menempati posisi ke-21 dan Wehrlein peringkat ke-20.

Padahal pada FP3 Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein masing-masing ada di urutan ke-19 dan ke-20. Artinya, posisi Wehrlein tak mengalami perkembangan, sedangkan Rio turun dua peringkat.

"Setelah sesi latihan bebas terakhir, kerja keras kami pada malam sebelumnya sepertinya bakal terbayar lunas. Namun, kami malah lebih kesulitan pada sesi kualifikasi. Suhu trek yang lebih dingin membuat kami sulit mendapatkan temperatur ban yang diinginkan," kata Dave Ryan, Racing Director Manor Racing, dalam rilis yang diterima Bola.com.

Meski demikian, Ryan optimistis Manor mampu bersaing dengan tim lain saat lomba. Pasalnya dari segi catatan waktu, Rio dan Pascal terus mengalami peningkatan.

Pada sesi kualifikasi, catatan waktu terbaik Rio adalah 1 menit 39,463 detik dan Wehrlein 1 menit 39,399 detik. Torehan Rio dan Wehrlein masing-masing lebih cepat 0,136 detik dan 0,264 detik dibanding catatan waktu terbaik masing-masing pada FP3.

"Kondisi ban semain baik seiring bertambahnya lap dan itu bagus buat lomba. Semoga dua pebalap Manor Racing, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein, bisa menikmati duel dengan pebalap lain pada balapan F1 GP Rusia," ujar Dave Ryan.

Video Populer

Foto Populer