Sukses


Legenda MotoGP: Rossi-Lorenzo Bisa Menang Pakai Motor Suzuki

Bola.com, Texas - Legenda MotoGP, Kevin Schwantz, mengklaim motor Suzuki GSX-RR musim ini tak kalah dari Yamaha. Sampai-sampai pria asal AS itu menyebut Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi saja bisa menang jika menggeber motor milik Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Musim lalu, motor Suzuki GSX-RR punya satu kelemahan. Top speed motor itu tak bagus. Saat melibas trek lurus, Vinales dan Espargaro kerap kalah cepat dari pebalap Ducati, Yamaha, serta Honda sehingga sulit bersaing buat merebut podium di setiap balapan.

Menurut Schwantz, problem itu sudah tak terlihat lagi pada musim ini. Dalam beberapa balapan, kecepatan Suzuki sudah nyaris setara dengan Yamaha, yang dianggap memiliki motor terbaik di grid. Puncaknya, Suzuki berhasil merebut podium untuk pertama kali dalam delapan tahun di MotoGP lewat Vinales yang finis ketiga di Le Mans, Prancis, akhir pekan lalu.

"Tentu saja Ducati masih yang terkuat dalam top speed. Namun, jika melihat balapan di Qatar dan Argentina, kecepatan Suzuki di trek lurus sudah hampir identik dengan Yamaha," kata Schwantz seperti dilansir Motorsport, Selasa (10/5/2016).

Kecepatan Suzuki GSX-RR pun menurut Schwantz sudah diakui oleh Rossi. Bahkan, teknisi Yamaha mengatakan kepada Schwantz selepas MotoGP Austin bahwa The Doctor percaya Suzuki bakal memiliki motor juara jika berada di tangan yang tepat.

"Menurut Rossi, GSX-RR mudah dikendarai, gesit di tikungan, dan secepat Yamaha di trek lurus. Intinya, Rossi ingin mengatakan GSX-RR bisa jadi juara jika Suzuki punya pebalap papan atas," ujar Schwantz.

Apa yang dialami Suzuki saat ini mirip dengan era Schwantz saat masih aktif sebagai pebalap di akhir era 80-an hingga awal 90-an. Kala itu, motor Suzuki tak sekencang Yamaha atau Honda. Selain itu, Schwantz punya rival-rival hebat semacam Wayne Rainey, Wayne Gardner, Mick Doohan, Eddie Lawson, hingga Randy Mamola.

Namun, dengan gaya balapnya yang berani, Schwantz mampu menghadirkan gelar juara dunia buat Suzuki pada 1993. Karena itu, dia bakal selalu dikenang sebagai pebalap paling hebat sepanjang sejarah Suzuki. FIM juga mengakui prestasi Schwantz dengan menjadikannya legenda MotoGP pada 2000.

Schwantz pun percaya pebalap papan atas generasi saat ini bisa melakukan hal yang sama seperti dirinya.

"Saya rasa Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, atau Marc Marquez bisa menang dengan motor Suzuki sekarang," kata Kevin Schwantz.

Video Populer

Foto Populer