Sukses


Nico Rosberg ke Ferrari, Mercedes Incar Fernando Alonso?

Bola.com, Barcelona - Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, berpotensi menjadi sosok kunci pada musim kasak-kusuk (silly season) F1 2017. Jika meninggalkan Tim Panah Perak, Rosberg akan memicu efek domino perpindahan pebalap lain.

Menurut Dieter Zetsche, Chairman Daimler yang merupakan perusahaan induk Mercedes, Rosberg masih terikat kontrak hingga akhir 2017. Namun, pernyataan Zetsche dibantah oleh bos tim Mercedes, Toto Wolff.

Wolff mengungkapkan prioritas utama Mercedes saat ini adalah melakukan negosiasi kontrak baru dengan Rosberg. Artinya, ikatan kerja pebalap asal Jerman itu di Mercedes akan segera habis.

"Prioritas utama kami adalah Nico. Jika dia tak ingin memperbarui kontrak, maka kami akan mempertimbangkan pebalap lain," kata Wolff kepada surat kabar Spanyol, El Mundo Deportivo.

Rosberg ternyata mendapat tawaran dari tim lain. Media Italia, Corriere della Sera, melaporkan pebalap berusia 30 tahun itu sudah melakukan pembicaraan dengan Ferrari.

Menurut koresponden Giorgio Terruzzi, Ferrari mengincar Rosberg sebagai pengganti Kimi Raikkonen yang sudah berusia 36 tahun dan dianggap tak konsisten lagi. Tim Kuda Jingkrak mencari pebalap yang lebih muda karena tim lain juga memberi sinyal bakal melakukan peremajaan skuat.

Red Bull sudah memiliki Max Verstappen dan McLaren dikabarkan akan mengontrak Stoffel Vandoorne untuk musim 2017.

"Ferrari menilai Rosberg sedang berada dalam puncak karier. Dia selalu cepat dan bermental kuat karena ditempa pengalaman sulit saat berduet dengan Lewis Hamilton. Kekuatan Mercedes juga diprediksi akan berkurang dengan kepergian Rosberg. Apalagi jika dia jadi juara dunia F1 2016," ujar Terruzzi.

Rosberg mendominasi awal musim 2016. Hingga seri kelima, dia mantap di puncak klasemen sementara dengan keunggulan 39 poin atas rekan setimnya, Lewis Hamilton.

Mercedes siap mengantisipasi kepergian Rosberg. Sosok yang dibidik Mercedes untuk menjadi pengganti Rosberg adalah pebalap McLaren, Fernando Alonso.

"Fernando Alonso sedang mempertimbangkan banyak pilihan dan salah satunya adalah Mercedes. Usianya yang sudah 34 tahun juga bukan masalah. Dia masih punya kecepatan dan motivasi. Fernando merupakan salah satu pebalap terbaik sepanjang sejarah F1," kata Wolff.

Wolff mengakui Fernando Alonso sudah berkomunikasi dengan Mercedes. Namun, Mercedes belum bisa melakukan manuver seperti yang dilakukan Ferrari kepada Nico Rosberg. Mercedes sudah berjanji kepada Lewis Hamilton tak akan berbicara dengan pebalap lain sebelum melakukan negosiasi kontrak dengan sang juara dunia bertahan F1.

Video Populer

Foto Populer