Sukses


5 Pemain Tunggal Putri Bergabung dengan Pelatnas Cipayung

Bola.com, Jakarta - Sektor tunggal putri Pelatnas Cipayung kedatangan lima penghuni baru yang bakal bergabung mulai 1 Juli 2016. Kelima pemain muda ini berhak masuk Pelatnas setelah lolos Seleksi Nasional (Seleknas) Tunggal Putri 2016, pada 26-28 Mei di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur. 

Seleknas tunggal putri 2016 memperebutkan lima slot yang terdiri atas tiga di kelas U-19 dan dua di kelompok U-17. Pemain kelompok U-19 diseleksi berdasarkan hasil pertandingan. Sementara di kelas U-17, tak hanya dinilai dari hasil pertandingan seleknas, tetapi juga berdasar penilaian tim panelis yang terdiri atas Susy Susanti, Ivanna Lie, Hariyanto Arbi dan Bambang Supriyanto.  Adapun faktor yang menjadi kriteria penilaian oleh tim panelis adalah daya juang, ketahanan mental, dan prospek sang atlet pada masa mendatang.

"Semoga dengan masuknya pemain-pemain muda ini ke pelatnas, dapat memperkuat sektor tunggal putri di masa mendatang. Stok pemain tunggal putri saat ini masih minim. Kami berharap ada kompetisi pada saat latihan dan bertanding sehingga prestasinya bisa lebih bagus," ujar Rexy Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, seperti dilansir situs PBSI, Sabtu (28/5/2016). 

"Kami harap jenjang pembinaan akan lebih baik lagi. Para atlet ini akan diberikan kesempatan berlatih dan memperbaiki kelemahan-kelemahan mereka. Program latihan yang diberikan juga akan berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan. Program untuk lapis pertama dan kedua tentu berbeda," tambah Rexy.

Aurum Octavia Winata menjadi pemenang di kelas U-19. Di semifinal, Aurum menundukkan Isra Faradilla dengan dua gim langsung, 21-11, 21-10. Pada partai puncak, pemain klub Jaya Raya Jakarta ini juga memetik kemenangan atas Gabriella Meilani Moningka, sesama pemain Jaya Raya Jakarta, dengan rubber game, 21-16, 19-21, 21-9. Isra berhasil mendapat tiket pelatnas setelah di babak perebutan tempat ketiga mengalahkan Ruselli Hartawan, dengan skor 25-23, 18-21, 17-9.

Sementara itu di kelas U-17, Putri Ayu Desiderianti berhasil meraih peringkat pertama setelah di final mengalahkan Syalsabila Vahira Irmawan, sesama rekannya di klub Exist Jakarta, dengan skor 21-17, 21-15. Eprilia Mega Ayu Swastika, yang juga dari klub Exist Jakarta, mendapatkan tiket ke pelatnas, meski langkahnya terhenti di semifinal. Menurut tim panelis, Eprilia memiliki potensi di masa mendatang.

"Rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tidak sia-sia selama ini sudah latihan. Tadi saat pengumuman saya langsung menangis, saya merasa pengorbanan orang tua dan pelatih akhirnya membawa saya ke pelatnas. Kalau pemain klub kan ujungnya pasti ingin masuk pelatnas," kata Eprilia.

"Harapan saya setelah berhasil masuk pelatnas adalah saya bisa mendunia, bisa jadi yang lebih baik buat keluarga seperti idola saya Wang Yihan (China). Saya mengagumi Yihan, dia cantik dan posturnya tinggi," tambah Eprilia.

Berikut Ini Pemenang Seleksi Nasional Tunggal Putri 2016:

Kelompok Usia U-17
1. Putri Ayu Desiderianti (Exist Jakarta)
2. Eprilia Mega Ayu Swastika (Exist Jakarta)

Kelompok Usia U-19
1. Aurum Octavia Winata (Jaya Raya Jakarta)
2. Gabriella Meilani Moningka (Jaya Raya Jakarta)
3. Isra Faradila (Exist Jakarta)

Video Populer

Foto Populer