Sukses


Kontingen Olimpiade Indonesia Dikukuhkan, Berangkat pada 27 Juli

Bola.com, Jakarta - Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 resmi dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (21/6/2016). Selanjutnya, mereka bakal diberangkatkan ke Rio de Janeiro dari Jakarta pada 27 Juli.

Total, Indonesia sudah meloloskan 25 atlet ke Olimpiade 2016, yang berasal dari cabang bulutangkis (10 atlet),  panahan (4 atlet), atletik (1 atlet), dayung (2 atlet), angkat besi (7 atlet), dan BMX (1 atlet).     

Atlet bulutangkis yang lolos ke Olimpiade yaitu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Praveen Jordan/Debby Susanto, Linda Wenifanetri, dan Tommy Sugiarto. Panahan diwakili Ika Yuliana, Riau Ega, Hendra Purnama, dan Muhammad Hanif Wijaya . Atletik meloloskan Maria Londa, sedangkan Dayung berhak mengirim dua atlet melalui La Memo dan Dewi Yuliawati. BMX meloloskan satu atlet (Toni Syarifudin), sedangkan angkat besi tujuh atlet.

Ketua Satlak Prima, Ahmad Soetjipto, mengatakan tak semua atlet berangkat bersamaan dari Jakarta pada 27 Juli. Ada beberapa cabang yang berangkat lebih awal untuk melakukan persiapan terakhir di berbagai tempat. Para atlet angkat besi akan bertolak dulu ke Cape Town (Afrika Selatan), rowing/dayung transit terlebih dahulu ke Rotterdam (Belanda), balap sepeda dari Amerika Serikat, sedangkan bulutangkis akan terbang terlebih dahulu ke Sao Paolo sebelum berkumpul ke Rio de Janeiro.

Soetjipto menambahkan hanya atlet panahan dan atletik yang akan berangkat dari Jakarta bersama ofisial resmi kontingen Olimpiade Indonesia.

"Beberapa cabang memang ada yang transit dulu di sejumlah tempat untuk persiapan akhir. Kami mendukung sepenuhnya yang dibutuhkan cabang-cabang, supaya benar-benar siap saat tampil di Rio de Janeiro," kata Ahmad Soetjipto dalam jumpa pers kepada wartawan di Kantor Kemenpora, Selasa sore.   

Chef de Mission Tim Indonesia di Olimpiade, Raja Sapta Oktohari, menambahkan seluruh atlet yang berangkat bakal terbang menggunakan fasilitas kelas bisnis. Dengan demikian, para atlet diharapkan tetap bugar sesampainya di Brasil. 

"Semoga kita masih bisa menambah jumlah atlet lagi dari cabang renang dan voli pantai. Saat ini mereka masih berjuang, mari kita dukung bersama," kata pria yang akrab disapa Okto tersebut. 

Video Populer

Foto Populer