Sukses


Curhat Rio Haryanto Usai Tim Kesayangannya Kandas di Piala Eropa

Bola.com, Jakarta Di tengah kesibukan menjalani musim perdana ajang Formula 1, Rio Haryanto masih menyempatkan waktu mengikuti Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Prancis. Saat ditemui Bola.com di Vienna International Airport, Selasa (28/6/2016) siang waktu setempat, pebalap asal Solo yang membela tim Manor Racing ini mengaku mengidolakan Timnas Spanyol.

’’Aku suka (Timnas) Spanyol. Mereka tim idola saya di Euro 2016,’’ kata pebalap berusia 23 tahun ini.

Rio mendukung tim asal Negeri Matador ini bukan tanpa sebab. Menurutnya, ada kedekatan emosional antara dirinya dengan negara berpenduduk sekitar 46 juta lebih tersebut. ‘‘Saya lama menetap di Spanyol. Waktu di GP2 saya pernah tinggal di Valencia agar bisa dekat dengan tim saya (Campos Racing). Sekarang di F1 saya juga memilih menetap di Barcelona jika jadwal balapan di Eropa berdekatan. Jadi Spanyol itu sudah seperti rumah kedua saya,’’ ucap putra pasangan Indah Pennywati dan Sinyo Haryanto ini.

Saat ditanya apakah selalu menyaksikan pasukan Vicente del Bosque itu berlaga dari mulai babak grup hingga putaran 16 besar? Rio mengaku hanya beberapa kali menyaksikan David Silva dkk. berlaga di pentas Piala Eropa 2016. ’’Jarang juga. Hanya pas ada waktu saja,’’ ucap pemilik nomor mobil 88 di arena F1 tersebut.

Sayangnya, langkah Timnas Spanyol di pentas Piala Eropa terhenti di babak 16 besar. Menghadapi Italia, David Silva dkk. takluk 0-2 melalui gol Giorgio Chiellini pada menit ke-33 dan Graziano Pelle pada masa injury time. Rio pun terkejut dengan kegagalan Spanyol melangkah ke perempat final Piala Eropa. Ia menilai, skuat Spanyol seharusnya bisa mengatasi perlawanan Italia. Spanyol memiliki pemain-pemain berkualitas yang bermain di klub-klub besar dunia.

’’Kaget juga mendengar Spanyol kalah melawan Italia. Tidak menyangka kalau mereka bisa kalah. Padahal Spanyol kan tim kuat,’’ ujar Rio.⁠⁠⁠⁠

Video Populer

Foto Populer