Sukses


NBA Free Agency: Kevin Durant Gabung Golden State Warriors

Bola.com, Oakland - Teka-teki soal masa depan Kevin Durant yang menjadi sorotan utama pada bursa free agency NBA akhirnya terjawab. Durant mengumumkan lewat situs The Players Tribune, Senin (4/7/2016), bahwa dirinya akan meninggalkan Oklahoma City Thunder untuk bergabung dengan Golden State Warriors.

Menurut laporan reporter ESPN, Marc Stein, Durant akan meneken kontrak berdurasi dua tahun senilai 54,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 710 miliar bersama Warriors. Durant dikabarkan punya opsi menentukan bertahan atau pindah setelah tahun pertama.

Selain Warriors, Durant sebelumnya juga melakukan meeting dengan Thunder, San Antonio Spurs, Boston Celtics, Miami Heat, dan Los Angeles Clippers. Durant memandang Warriors sebagai opsi terbaik untuk meraih gelar NBA.

"Saya ingin terus berkembang sebagai pemain. Selain itu, saya sudah mencapai titik dalam karier di mana saya harus meninggalkan zona nyaman dan mencari tantangan baru," tulis Durant di The Players Tribune.

Durant akan membentuk tim super di Warriors bersama trio Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green. Menariknya, Durant akan menjadi pemain dengan bayaran termahal di Warriors, disusul Thompson (16,6 juta dolar AS), Green (15,3), dan Curry (12,1). Curry akan jadi free agent pada akhir musim depan.

Demi menyediakan ruang buat gaji Durant, Warriors dikabarkan bakal melepas tiga pemain, yakni Harrison Barnes, Festus Ezeli, dan Andrew Bogut. Barnes dan Bogut dilaporkan merapat ke Dallas Mavericks, sedangkan Ezeli dilirik Portland Trail Blazers.

Kubu Oklahoma City Thunder mengaku kecewa dengan keputusan Durant sekaligus berterima kasih atas apa yang sudah diberikan pemain berusia 27 tahun itu. Sejak dipilih Seattle SuperSonics sebagai pilihan kedua overall pada ronde pertama draft NBA 2007, Durant tak pernah pindah tim.

"Kevin telah menjadi ikon Thunder dan Negara Bagian Oklahoma. Sebagai founding father, Kevin merupakan fondasi utama di balik kesuksesan tim ini. Kami kecewa karena Kevin memilih pergi. Namun, kami juga ingin mengucapkan terima kasih atas peran besarnya selama ini," kata General Manager Oklahoma City Thunder, Sam Presti, seperti dilansir ESPN.

Jika para eksekutif menerima keputusan Durant secara lapang dada, tak demikian dengan fans Thunder. Merasa dikhianati, sebagian penggemar dikabarkan membakar jersey bernomor 35 milik Durant.

Selama sembilan musim bersama Thunder, Durant meraih penghargaan MVP NBA pada 2014 dan tujuh kali terpilih masuk tim All-Star. Dia juga sekali membawa Thunder masuk final NBA pada 2012. Namun, Durant gagal mengantar Thunder jadi juara setelah kalah dari Heat dalam lima gim.

"Saya lahir di Washington D.C., tapi besar sebagai pemain di Oklahoma City. Tak ada kata-kata yang bisa menggambarkan arti Thunder buat saya. Thunder akan selalu mewakili hidup saya dan akan selalu terpatri dalam hati saya selamanya. Rasanya tak enak membuat banyak orang kecewa, tapi saya percaya ini adalah pilihan tepat buat karier saya," ujar Durant.

Musim lalu, Kevin Durant rata-rata mencetak 28,2 poin, 8,2 rebound, dan 5 assist. Bersama Russell Westbrook, dia membantu Oklahoma City Thunder lolos ke Final Wilayah Barat NBA sebelum dijegal Golden State Warriors dalam tujuh gim.

Video Populer

Foto Populer