Sukses


GP Inggris: Manor Ungkap Penyebab Mobil Rio-Wehrlein Melintir

Bola.com, Silverstone - Manor Racing meraih hasil kurang menggembirakan pada balapan F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7/2016). Untuk pertama kali pada musim 2016, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein sama-sama gagal finis.

Trek yang basah akibat guyuran hujan deras sebelum lomba menimbulkan malapetaka bagi duo Manor. Mobil Wehrlein melintir dan masuk gravel pada lap ketujuh. Pada lap ke-24, giliran Rio yang mengalami insiden serupa.

Bagi Manor, pencapaian di Silverstone bertolak belakang dengan hasil pada seri sebelumnya di Austria. Di Red Bull Ring, Wehrlein mampu membuat kejutan dengan meraih poin setelah finis di posisi ke-10.

"Hari ini relatif datar setelah kami sukses meraih poin pada pekan silam. Hujan sebelum lomba sangat deras. Meski trek cepat mengering, genangan air rupanya masih tersisa di beberapa bagian sirkuit. Hal itulah yang membuat dua pebalap kami out," kata Dave Ryan, Racing Director Manor Racing, dalam rilis yang diterima Bola.com.

"Kondisi trek yang tricky menyulitkan kami untuk tampil maksimal sambil tetap menjaga jarak dengan rival," ujar Ryan.

Pascal Wehrlein melintir setelah mengganti ban dari wet (basah) ke intermediet, sedangkan Rio usai memakai ban slick (kering).

"Saya tak bisa berbuat apa-apa. Beberapa bagian trek masih terlalu basah dan bisa membuat pebalap melintir. Sayangnya, hal itulah yang terjadi kepada saya. Sungguh mengecewakan mengakhiri balapan dengan cara seperti ini," ujar Wehrlein.

Selain trek yang licin, Rio mengatakan salah satu faktor penyebab dirinya melintir adalah perubahan setelan differential (gardan) mobil. Pebalap F1 bisa mengganti setelan gardan dari setir di kokpit.

"Sebelum insiden terjadi, saya sempat mengubah setelan high speed differential. Mungkin itulah salah satu faktor yang membuat mobil saya melintir. Tikungan Abbey (lokasi mobil Rio melintir) memang bagian yang paling basah pada saat itu," kata Rio Haryanto.

Manor Racing tak mau larut dalam kekecewaan. Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein bertekad mencari pelampiasan pada seri berikutnya, GP Hungaria, di Sirkuit Hungaroring, 24 Juli 2016.

"Cara yang mengecewakan untuk menyelesaikan balapan kandang kami. Namun, kami akan terus bekerja keras dan berusaha tampil lebih solid di Hungaria dua pekan mendatang," tutur Dave Ryan, Racing Director Manor Racing.

Mengintip Markas Latihan Mbappe, dkk di Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer