Sukses


2 Alasan Rio Haryanto Puas dengan Hasil Latihan Bebas GP Hungaria

Bola.com, Hungaroring - Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, mengaku cukup puas dengan dua sesi latihan bebas F1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Jumat (22/7/2016). Selain membukukan catatan waktu lap yang semakin mendekati Sauber dan Renault, dia juga mengantongi data penting soal degradasi ban.

Rio menempati posisi ke-20 pada sesi latihan bebas pertama (F1) dan mengungguli rekan setimnya Pascal Wehrlein yang menempati urutan ke-21. Posisi buncit diisi pebalap Renault, Jolyon Palmer. Rio membukukan waktu lap terbaik 1 menit 27,012 detik.

Pada sesi latihan bebas kedua (FP2), posisi pebalap asal Solo, Jawa Tengah itu melorot ke urutan ke-22 atau paling belakang. Namun, catatan waktu lap yang dibukukan Rio lebih tajam daripada FP1, yaitu 1 menit 24,265 detik. Kali ini, Wehrlein mengukir catatan waktu lebih baik sehingga berhak berada di urutan ke-21. Posisi ke-20 ditempati pebalap Sauber Felipe Nasr, dengan 1 menit 23,726 detik.

Meskipun posisinya pada FP2 melorot, secara keseluruhan Rio mengaku cukup puas dengan hari pertama di Hungaroring. 

"Datang ke sirkuit ini, kami tahu bakal sulit karena ini sirkuit dengan downforce tinggi dan kami sedikit kurang di area itu. Itu hal yang ingin kami atasi dengan program pengembangan yang sedang dilakukan. Sepertinya kami menunjukkan langkah yang bagus dari FP1 ke FP2 dan waktu lap membaik. Kami semakin dekat dengan Sauber dan Renault. 

Rio mengaku juga mengantongi banyak data soal degradasi ban di Sirkuit Hungaroring. Degradasi ban menjadi salah satu titik lemah Manor sepanjang 10 seri yang telah dijalani pada F1 musim 2016. Hal itu membuat Manor kesulitan saat balapan, meskipun sehari sebelumnya tampil apik pada sesi kualifikasi. 

"Kami melakukan beberapa stint panjang pada akhir FP2 untuk berusaha lebih memahami degradasi mobil. Di sini sangat panas pekan ini, jadi kami seharusnya tak seharusnya menjumpai tantangan untuk menaikkan dan menjaga temperatur," kata Rio. 

"Sya merasa kami sedikit lebih baik di sini, tapi kami perlu menganalisis data dan memastikan arah setelan mobil untuk besok (hari ini) supaya bisa membantu kami mengelola ban," imbuh pengidola Ayrton Senna tersebut.

Rio bakal kembali turun ke lintasan, Sabtu (23/7/2016), untuk menjalani sesi latihan bebas pertama dan kualifikasi GP Hungaria.  

 

Video Populer

Foto Populer