Sukses


Diputus Kontrak oleh Manor, Ini Reaksi Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, sangat sedih kiprahnya di kancah Formula 1 bersama Manor Racing putus di tengah musim. Tim yang berbasis di Inggris tersebut resmi mengakhiri kontrak Rio pada Rabu (10/8/2016) ini.

Posisi Rio di Manor bakal diisi oleh pebalap junior Mercedes asal Prancis, Esteban Ocon. Adapun Rio ditawari sebagai pebalap cadangan di Manor bersama Alexander Rossi.

 

Ibunda Rio mengatakan Manor mengirim kabar pemutusan kontrak itu melalui email. Setelah itu, Indah mengabarkan kabar pahit tersebut kepada sang putra yang sedang berada di luar negeri.

"Saya telfon dia. Waktu saya kabari keputusan Manor dia bilang 'hah?" kata Indah, saat dihubungi Bola.com, Rabu sore.

Menurut Indah, sang putra sedih dengan keputusan tersebut. Bagaimanapun Rio ingin meneruskan kiprahnya sebagai driver Manor hingga akhir musim. Namun, hal itu tak bisa terjadi karena manajemen Rio tak bisa menenuhi kewajiban membayar 7 juta euro (Rp 101 miliar) sebagai syarat bertahan hingga akhir musim. 

"Sebagai pebalap, tentunya dia ingin tetap jadi yang utama, bisa meneruskan kiprahnya hingga akhir musim. Tapi kami tidak bisa memenuhi kewajiban ke Manor," ungkap Indah.

Dengan keputusan ini, petualangan Rio bersama Manor Racing hanya bertahan sepanjang 12 seri. Balapan terakhir yang dijalaninya bersama Manor adalah GP Jerman di Sirkuit Hockenheim, 31 Juli 2016.

Selama berkiprah bersama Manor, Rio belum berhasil mempersembahkan poin untuk tim yang bermarkas di Inggris tersebut. Capaian terbaik pebalap berusia 23 tahun tersebut adalah finis di posisi ke-15 di GP Monako.  

Sesuai kesepakatan kedua belah pihak sebelum meneken kontrak, Rio harus menyetor dana senilai 15 juta euro untuk bisa membalap semusim penuh. Manajemen Rio baru bisa memberikan dana senilai 8 juta euro, yang berasal dari kocek pribadi (3 juta euro) dan Pertamina sebagai sponsor utama. Dengan dana tersebut, Rio hanya bisa membalap hingga seri ke-11 alias GP Hungaria.

Manor Racing akhirnya memberi kelonggaran satu seri hingga GP Jerman. Namun, 10 hari setelah balapan di Hockenheim, Manor memutus kontrak Rio yang tak mampu memenuhi kewajiban membayar dana tambahan senilai 7 juta euro. Posisinya digantikan oleh pebalap Prancis, Esteban Ocon.      

 

Video Populer

Foto Populer