Sukses


Manajer: Manor Lepas Rio Murni Faktor Uang, Bukan Prestasi

Bola.com, Jakarta - Kiprah pebalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, pada F1 2016 harus berakhir di tengah musim. Manor Racing resmi memutus kontrak Rio sebagai pebalap utama pada jeda musim panas.

Rio dilepas karena tak mampu memenuhi kewajiban membayar sisa dana untuk membalap semusim penuh. Posisi pemuda berusia 23 tahun itu digantikan pebalap akademi Mercedes, Esteban Ocon.

"Tentu saya sangat sedih karena Rio sudah tak jadi pebalap utama Manor lagi. Kami sudah berjuang semaksimal mungkin agar Rio bisa membalap semusim penuh. Bahkan, dia bisa tampil satu seri lebih banyak dari yang tercantum di kontrak," kata Piers Hunnisett kepada Bola.com di Tangerang, Banten, Sabtu (13/8/2016).

"Masalahnya, Mercedes datang dan menyodorkan Ocon yang membawa bujet besar. Mercedes mengultimatum Manor untuk menerima tawaran itu atau tidak sama sekali. Jika tak ada tawaran Mercedes, mungkin Rio sekarang masih jadi pebalap reguler Manor," ujar Hunnisett.

Menurut Hunnisett, keputusan Manor melepas Rio murni karena faktor uang, bukan prestasi. Pria asal Inggris itu menyebut performa Rio pada 12 seri awal sudah sangat memuaskan. Penampilan Rio bahkan menuai banyak pujian dari media asing.

"Rio sudah melakukan pekerjaan yang sangat hebat. Cara menilai yang paling adil adalah membandingkannya dengan rekan setim, Pascal Wehrlein. Sejauh ini, Rio mampu melebihi ekspektasi awal dengan menyulitkan Pascal pada sesi kualifikasi," tutur Hunnisett.

"Kalau Rio pakai mobil Hamilton, saya yakin dia pasti bisa bersaing di depan. Di F1, sebagus apapun pebalap tak akan bisa membuat mobil lamban jadi cepat," kata Hunnisett.

Rio akan tetap berada di lingkaran F1 setelah menerima tawaran Manor Racing untuk menjadi pebalap cadangan pada sisa musim ini. Peran barunya itu mewajibkan Rio tetap hadir bersama tim di setiap balapan.

"Rio bisa terus belajar meski tentu yang didapat tak sebanyak jika tetap menjadi pebalap utama. Minimal dengan berada di sirkuit Rio bisa mendengar komentar pebalap lain, melakukan track walk dengan engineer, dan juga belajar tentang strategi," kata Piers Hunnisett.

Rio Haryanto akan memulai tugas baru sebagai pebalap cadangan Manor Racing pada seri pertama F1 2016 selepas libur musim panas, GP Belgia, 28 Agustus mendatang. Sambil menunggu balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps, Rio akan menghabiskan waktu dengan berlibur bersama keluarga di Solo, Jawa Tengah.

Video Populer

Foto Populer