Sukses


Fernando Alonso Dijatuhi Penalti 35 Grid

Bola.com, Spa Francorchamps - Pebalap McLaren, Fernando Alonso, bakal start dari posisi puncit pada balapan F1 GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps setelah dijatuhi penalti 35 grid, Minggu (26/8/2016). Sanksi diberikan setelah mesin mobil Alonso jebol pada sesi kualifikasi pertama (FP1) GP Belgia, Jumat (26/8/2016), sehingga membutuhkan upgrade tujuh komponen baru.    

McLaren menyatakan Alonso membutuhkan komponen ICE, MGU-H, MGU-K, turbo, kontrol elektronik, dan penyimpan energi yang baru. Mengingat masing-masing komponen sudah menjadi pergantian keenam. Alonso juga mendapat power unit yang baru sehingga akhirnya terkena penalti 35 grid. 

Kubu McLaren mengatakan komponen baru yang bakal dipasang speknya sama dengan yang dipakai Alonso pada FP1. Itu artinya, mobil yang akan dipakai pada balapan, Minggu, mesinnya sudah di-upgrade dibanding yang dipakai pada paruh pertama F1 musim ini.   

Gara-gara mesin jebol, Alonso gagal mencatatkan waktu lap pada FP1. Dia hanya mampu melahap tiga installation lap, sehingga menempati posisi buncit pada FP1. 

Ketidakberuntungan Alonso ini menjadi angin segar bagi Lewis Hamilton, yang terancam terkena penalti 15 grid karena juga akan mengganti beberapa komponen pada mesin. Selain Alonso dan Hamilton, pebalap Sauber Marcus Ericsson juga dijatuhi penalti 10 poin karena bakal menggunakan mesin baru di Spa-Francorchamps.  

 

Euforia fans Timnas Prancis usai lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer