Sukses


F1 GP Belgia: Rosberg Raih Pole, Hamilton-Alonso Apes

Bola.com, Spa - Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, merebut pole position setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi F1 GP Belgia, Sabtu (27/8/2016). Sementara hasil buruk dialami Lewis Hamilton dan Fernando Alonso.

Pada babak kualifikasi ini, Rosberg menorehkan catatan waktu lap terbaik 1 menit 46,744 detik. Dia unggul 0,149 detik dari pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, yang akan start dari posisi kedua. Sementara posisi ketiga ditempati pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, yang mencatat waktu lap tercepat 1 menit 46,910 detik. 

Pada kualifikasi pertama (Q1), Felipe Massa menjadi yang tercepat dengan 1 menit 47,738 detik. Diikuti duo Ferrari, Vettel dan Raikkonen, yang menorehkan waktu 1 menit 47,802 detik dan 1 menit 47,912 detik.

Nasib apes dialami Fernando Alonso. Pebalap McLaren ini gagal melewati Q1 setelah mobilnya melintir hingga gravel pada pertengahan sesi.

Selain Alonso, pebalap yang juga gagal melaju ke kualifikasi kedua (Q2) adalah Felipe Nasr (Sauber), Esteban Ocon (Manor Racing), Daniil Kvyat (Toro Rosso), Marcus Ericsson (Sauber), dan Lewis Hamilton. Sementara pebalap Manor Racing, Pascal Wehrlein, sukses melewati Q1 setelah menduduki posisi ke-9.

Buat Alonso dan Hamilton, babak kualifikasi ini sebenarnya tak terlalu berpengaruh. Kedua pebalap ini sudah dipastikan bakal start dari posisi buncit karena mendapat hukuman turun grid.

Pada Q2, giliran Rosberg yang menjadi pebalap tercepat. Pebalap asal Jerman itu menorehkan waktu 1 menit 46,999 detik. Dia unggul dari Verstappen yang ada di posisi kedua dengan torehan waktu 1 menit 48,407 detik.

Sementara Romain Grosjean (Haas) gagal lolos ke kualifikasi ketiga (Q3) setelah membukukan waktu lap tercepat 1 menit 48,751 detik. Dia kalah 0,051 detik dari pebalap McLaren, Jenson Button, yang menempati posisi ke-10.

Selain Grosjean, pebalap yang juga gagal melewati kualifikasi kedua adalah Kevin Magnussen (Renault), Esteban Gutierrez (Hass), Joylon Palmer (Renault), Calor Sainz (Toro Rosso), dan Wehrlein (Manor Racing).

Pada Q3, Rosberg mengawali perjuangannya dengan sangat baik. Dia menorehkan waktu 1 menit 46,744 detik. Pebalap berusia 31 tahun itu unggul 0,149 detik dari Verstappen.

Hingga akhir sesi kualifikasi, Rosberg tak mempertajam catatan waktunya. Meski demikian, itu sudah cukup baginya untuk merebut pole position. Sementara Verstappen dan Raikkonen harus puas di posisi kedua dan ketiga.

Hasil sesi kualifikasi F1 GP Belgia. (Twitter/F1)

Video Populer

Foto Populer