Sukses


GP Italia: Hamilton Rebut Pole, Pengganti Rio Gagal Catat Waktu

Bola.com, Monza - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, merebut pole position pada F1 GP Italia setelah mencatat waktu lap tercepat pada babak kualifikasi di Sirkuit Monza, Sabtu (3/9/2016). Pria Inggris itu bakal bersaing ketat dengan rekan setimnya, Nico Rosberg, yang menempati grid kedua. 

Posisi start ketiga dan keempat diisi duo pebalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Pebalap Williams, Valtteri Bottas, membuntuti di posisi kelima, tepat di depan driver Red Bull, Daniel Ricciardo.

Rekan setim Ricciardo, Max Verstappen, bakal mengawali balapan di Monza, Minggu (4/9/2016), dari posisi ke-7, di depan pebalap Force India, Sergio Perez.  

Nasib kurang beruntung dialami pebalap Manor yang menggantikan Rio Haryanto, Sebastian Ocon. Mobilnya mengalami kerusakan teknis dan berhenti saat kualifikasi pertama. Dia gagal mencatatkan waktu lap dan bakal start dari posisi buncit. 

Jalannya Kualifikasi

Fase kualifikasi pertama berjalan hampir tanpa kejutan. Duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, masih perkasa dan membukukan waktu lap tercepat pertama dan kedua. Mereka diikuti oleh Sebastian Vettel (Ferrari), Daniel Ricciardo (Red Bull), dan Kimi Raikkonen. 

Nasib sial dialami pebalap Manor, Esteban Ocon. Pebalap yang menggantikan posisi Rio Haryanto tersebut gagal mencatatkan waktu pada kualifikasi setelah mobilnya mogok di chicane pertama. Dia pun otomotis langsung terelimasi. 

Pebalap lain yang terelimasi pada kualifikasi pertama ini adalah Daniil Kvyat (Toro Rosso), Felipe Nasr (Sauber), Marcus Ericsson (Sauber), Jolyon Palmer (Renault), dan Kevin Magnussen (Renault). Rekan setim Ocon, Pascal Wehrlein, mampu lolos ke kualifikasi dua (Q2) setelah menempati posisi ke-15.  

Namun, harapan Wehrlein untuk lolos ke kualifikasi ketiga (Q3) pupus. Pebalap asal Jerman tersebut harus puas start dari posisi ke-14, di depan Jenson Button dan Carlos Sainz, yang menempati posisi ke-15 dan 16.

Tiga pebalap lain yang tereliminasi pada Q2 adalah Felipe Massa (Williams), Romain Grosjean (Haas), dan Fernando Alonso (McLaren). Mereka masing-masing akan start dari posisi ke-11, 12, dan 13.

Posisi tiga pebalap teratas pada Q2 juga tak mengalami perubahan dibanding pada Q1. Hamilton masih yang tercepat dengan catatan waktu lap 1 menit 21,854 detik. Dia mengungguli Rosberg dan Vettel, yang masing-masing mengukir waktu lap 1 menit 22,497 detik dan 1 menit 23,077 detik. 

Kejutan dibuat pebalap Haas, Esteban Gutierrez, pada Q1. Dia berhasil melewati persaingan dan lolos ke kualifikasi ketiga setelah menempati posisi ketujuh. Ini merupakan kali pertama Haas mampu lolos ke kualifikasi ketiga pada musim ini. 

Pada kualifikasi ketiga, tak ada kejutan berarti. Duo Mercedes tetap menunjukkan dominasi dan berhak menempati posisi start pertama dan kedua. 

Video Populer

Foto Populer